hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

13 Februari 2020, 18:35 WIB

PAPUA BARAT, INDONESIA

Kamu harus bangga sama alam Indonesia. Kenapa? Karena di negara ini, ada berbagai macam keindahan yang otentik dan enggak ada tandingannya. Salah satunya di Raja Ampat, Papua Barat. Banyak orang dari berbagai belahan dunia yang berbondong-bondong ingin ke sini. Nah, buat kamu yang tertarik ke Raja Ampat, spot-spot berikut enggak boleh kamu lewatkan:

1. Teluk Kabui

(NET/indonesia Bagus)

Di Teluk Kabui, kamu bakal disuguhi pemandangan tonjolan batu gamping kecokelatan yang mencuat di tengah laut biru. Jumlahnya puluhan dan bentuk batunya bermacam-macam. Ada yang menjulang tinggi dan lancip seperti pensil. Bahkan ada juga yang menyerupai wajah manusia loh.

Selain batu gamping, ada juga fenomena pasir timbul. Saat air laut pasang, hamparan pasir ini tenggelam di dalam air. Tapi kalau sedang surut, pasir akan menyembul dari permukaan air. Makanya, disebut sebagai pasir timbul.

2. Painemo

(NET/Indonesia Bagus)

Jalan-jalan ke Raja Ampat belum lengkapi kalau belum berkunjung ke Painemo. Bentukan ini juga yang jadi ikon kawasan Raja Ampat. Bentang alam Painemo terbentuk sejak ratusan tahun lalu. Yaitu lewat sedimentasi di dasar laut dangkal yang akhirnya membentuk bukit-bukit gamping di tengah laut.

3. Arborek

(NET/Indonesia Bagus)

Desa Arborek berada di tengah wilayah laut Raja Ampat. Walau begitu, nama desa ini sudah mendunia. Arborek merupakan desa yang istimewa karena jadi pelopor dari 18 kampung wisata di Papua Barat. Kampung ini juga merupakan kawasan konservasi kekayaan laut.

Wisatawan yang datang ke sini nggak boleh sembarang berkegiatan. Cuma aktivitas penelitian ilmiah, penyelaman terbatas dan pengawasan oleh kelompok perlindungan laut saja yang boleh dilakukan. Semua aturan ini demi menjaga keindahan laut Raja Ampat agar tetap asri.

INDONESIA BAGUS NET

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments