hero
(Dive The World)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

4 Februari 2020, 11:26 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Bicara soal liburan enggak hanya Bali yang asyik buat dikunjungi. Ada banyak kota yang memiliki keunikan dan panorama mengagumkan di negeri ini semua tersebar di lebih dari 18 ribu pulau. Nah, berikut ini ada tiga kota di Indonesia yang bisa jadi referensi kamu untuk menghabiskan akhir pekan.

1. SEMARANG

Ibu Kota Jawa Tengah, Semarang adalah pusat perdagangan internasional pada abad ke-16 dan merupakan tempat percampuran budaya dari para imigran Cina dan Belanda. Hal tersebut bisa dilihat dari bukti-bukti arsitektur bangunan dan kuliner kota ini. 

Salah satu tempat terkenal di sini adalah Kampung Pelangi (Rainbow Village), dengan nuansa warna-warni pada bangunannya. Tempat ini dulunya terkenal kumuh, sehingga butuh kerja keras bagi seluruh masyarakatnya untuk mengubah kampong ini. 

Untuk mengecat kampong dibutuhkan uang sebesar Rp546 juta. Kini, tempat ini enggak cuma menarik wisatawan di seluruh dunia tapi juga membantu meningkatkan ekonomi lokal. Desa kecil ini jadi terkenal setelah muncul di majalah Vogue pada tahun 2017.

Buat kamu pecinta kuliner, Semarang terkenal sebagai pelopor ayam penyet dan bandeng presto, jadi wajib cicipi kuliner ini ya. Jangan lupa juga untuk nikmati lumpia goreng dan lekker paimo atau dikenal sebagai crepe Eropa dengan rasa Indonesia.

Kalau kamu suka hal yang menantang, kamu bisa coba datangi tempat yang dulunya merupakan kantor kereta api Belanda bernama Lawang Sewu. Konon tempat ini terkenal sebagai salah satu tempat paling berhantu di Indonesia, dimana para tahanan perang disiksa dan dibunuh di ruang bawah tanah. 

Kalau kamu mau cari kegiatan lainnya, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari pusat kota untuk jelajahi sisa-sisa tambang tua yang dikenal sebagai Brown Canyon. Tempat ini mengingatkan pada Grand Canyon Arizona, tepat di bagian tengah Jawa.

Atau kamu juga bisa seru seruan di Umbul Sidomukti, yang juga dikenal dengan taman bermain di atas awan. Enggak ketinggalan, ada tempat liburan yang terletak di Gunung Ungaran, kamu juga bisa berendam di kolam empat tingkat yang berada 12.000 meter di atas permukaan laut. Nikmati petualangan di jalur rintangan yang dibangun khusus dan miliki pemandangan indah.

2. MEDAN

Lebih dari sekadar pusat ekonomi dan Ibu Kota Sumatera Utara, Medan punya lebih dari sekadar persinggahan untuk bisnis. Kamu bisa mulai tur dengan mengunjungi Istana Maimun.

Sebuah museum sekaligus tempat bersejarah yang berusia 121 tahun dengan koleksi barang-barang antik yang memikat seperti hadiah kerajaan, artefak tradisional, dan arsitektur bergaya Eropa.

Di museum ini, kamu juga bisa coba berpakaian ala kerajaan tradisional Indonesia dengan biaya sekitar Rp20 ribu. Kalau ke Medan kurang lengkap rasanya kalau belum cicipi kulinernya yang terkenal yaitu Bolu Meranti dan kue madu dari Bika Ambon Zulayka. 

Setelah puas kulineran, kamu bisa bakar kalori dengan mendaki Gunung Sibayak, gunung berapi aktif yang populer sebagai tempat hiking para pecinta alam. Terletak di Berastagi, sebuah kota kecil yang bisa ditempuh selama dua jam berkendara.

Setelah pendakian, inilah saatnya untuk manjakan diri kamu dengan berendam di Pemandian Air Panas Pesona Sibayak View, di mana air yang mengandung belerang dialirkan langsung dari Gunung Sibayak. Tempat ini buka sampai tengah malam di hari kerja dan sepanjang waktu di akhir pekan.

Objek wisata alam lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah air terjun Sipisopiso, salah satu yang tertinggi di Indonesia berada di ketinggian 120 meter dan juga Danau Toba, danau kawah besar hampir seukuran Singapura. 

3. PULAU BANDA

Terselip di selatan Maluku, pulau ini terkenal senbagai penghasil rempah-rempah. Gugusan sepuluh pulau vulkanik yang subur tawarkan pemandangan yang menakjubkan. Sisa-sisa perkebunan rempah-rempah yang dibangun Belanda pada abad ke-17 masih dengan mudah ditemukan. 

Bagi kamu penikmat sejarah, jangan lewatkan kunjungan ke Benteng Belgica. Sebuah benteng bintang klasik yang dibangun pada tahun 1611 untuk membentengi dari Belanda atas satu-satunya sumber pala dan gada hingga pertengahan abad ke-19.

Salah satu tempat bersejarah utama Banda Neira adalah Istana Mini, rumah seorang inspektur Belanda yang sangat kuat dan dibangun pada tahun 1820-an. Sayangnya bangunan ini mulai tak terawat.

Kalau ke sini, kamu enggak boleh ketinggalan untuk menyelam atau snorkeling di perairan Kepulauan Banda. Bayangkan kamu berenang di perairan luas yang dikelilingi oleh banyak ikan. Kamu juga bisa melihat kura-kura hijau atau bahkan punya kesempatan untuk berenang dengan hiu martil. Kalau kesini, sebaiknya pada bulan Maret hingga April dan September hingga Desember

ESTHER CRAMER | ASIA ONE 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments