hero
(The Food Ranger)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

3 Februari 2020, 10:19 WIB

CINA

Sejak virus Corona merebak, seluruh mata tertuju pada Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina. Kota ini disebut-sebut sebagai asal usul virus mematikan tersebut. Padahal jauh sebelum wabah penyakit ini muncul, Wuhan adalah surga bagi pecinta kuliner Negeri Tirai Bambu tersebut. Sejumlah resep makanan populer bahkan berasal dari kota ini. Enggak heran kalau Wuhan tawarkan banyak pilihan kuliner yang nikmat. Yang identik dari kuliner Wuhan adalah makanan panas yaitu masakan berbumbu saus pedas berminyak dengan cabai kering, merica Sichuan dan berbagai rempah-rempah kombinasi yang dikenal dengan Mala, yang berarti mati rasa di lidah. Berikut ini deretan makan enak yang ada di Wuhan:

1. REGAN MIAN

(Pinterest)

Mie kering satu ini jadi makanan pokok sarapan atau dikenal sebagai guozao di Wuhan. Kalau kamu ke Hubu Alley, kamu bisa lihat banyak orang di sekitar menyeruput mie ini, hingga larut malam. Mie diberi topping pasta wijen, cuka, minyak cabai, dan taburan daun bawang. Kamu bisa mencampur semuanya sebelum makan mie ini. Makanan ini punya kental akan aroma wijen dan sensasi pedas yang meluap di lidah.

2. DOUPI

(Straitstimes)

Di Hubu Alley kamu juga bisa cicipi doupi yaitu omelet khusus yang terbuat dari kacang hijau, telur, susu, dan tepung untuk lapisan luarnya. Di dalamnya berisi nasi ketan goreng, potongan tahu, dan daging babi cincang. Dimasak dalam wajan besar, semua campuran ini dipotong kecil-kecil. Tekstur doupi lembut serta halus di bagian luar dan kenyal di bagian dalam. Hmm kebayang gurihnya makanan satu ini.

3. HOTPOT

(Straitstimes)

Hotpot populer banget di Wuhan, terutama pas musim dingin tahun ini. Di KEDAI Yuan Lao Si Hotpot Wuhan, mala hotpot jadi incaran. Sup ini terdiri dari campuran banyak cabai kering dan merica Sichuan. Biasanya orang meracik sup di mangkuk dengan berbagai bumbu yang disediakan, jadi kamu bisa menambahkan isi sup dengan pasta wijen, daun bawang, bawang putih dan bumbu tambahan lainnya.

Sup ini benar-benar pedas dan bikin lidah kebas alias mati rasa, jadi kamu perlu istirahat sejenak pas lagi makan masakan super pedas ini. Tapi kalau kamu bisa menahan sensasi panas, kaldu yang berminyak, dan pedas ini, dijamin sensasi makan masakan ini bakal kamu ingat terus.

ESTHER CRAMER | STRAITSTIMES

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments