hero
(Culture Trip)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

3 Februari 2020, 16:00 WIB

CINA

Setelah merebaknya virus Corona, kondisi Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina kini bak kota mati. Suasana sepi warnai pemandangan sepanjang kota. Sulitnya menemukan transportasi umum hingga tidak adanya pesta kembang api di perayaan Imlek kemarin. Padahal sebenarnya Wuhan menyimpan banyak potensi wisata yang sering dikunjungi para turis sebelum wabah virus ini muncul. Terdiri dari tiga kota kuno dan dibagi oleh sungai terbesar di Asia, Wuhan tidak hanya punya sejarah, tetapi juga punya peranan besar buat masa depan Cina yang berkembang pesat. Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa banyak turis yang menaruh nama Wuhan dalam rencana liburannya:

1. SEJARAH WUHAN

(Culture Trip)

Wuhan punya peninggalan budaya yang membuat para wisatawan tertarik. Selain sebagai pelabuhan perdagangan, pedalaman yang bersejarah, dan pemukiman kolonial Inggris, Wuhan juga lokasi Pemberontakan Wuchang yang mengarah ke perombakan Dinasti Qing. Kota ini punya kontribusi pada seni dan merupakan rumah kebanggaan Menara Yellow Crane, sebuah bangunan yang menginspirasi karya penyair Dinasti Tang yang terkenal, Cui Hao.

2. BUNGA BERMEKARAN

(Culture Trip)

Waktu musim semi di Wuhan bunga bermekaran. Kamu bisa datang ke Wuhan bulan Maret untuk melihat cherry, plum, dan persik yang bermekaran. Para turis dijamin terpikat dan  enggak mau ketinggalan mengabadikannya. Sejumlah taman bunga paling mengesankan di sini. Wuhan University mungkin jadi tempat yang paling terkenal. Cherry Blossom Avenue jadi rumah buat 200 pohon sakura Tokyo.

3. SURGA BELANJA

(Culture Trip)

Budaya konsumen Tiongkok yang berkembang pesat membuat orang bisa berbelanja di mal. Ada sedikit variasi dari satu pusat perbelanjaan yang satu dan pusat perbelanjaan lainnya, Wuhan menawarkan sejumlah pengalaman belanja alternatif. Ada Jalan Han yang indah yang berliku di sepanjang tepi sungai atau Jalan Shanghai’s East Nanjing, Jianghan Road, yang berubah jadi pasar jajanan pada malam hari. Lalu ada jalan Optical Valley. Paviliun belanja baru ini mengelilingi sebuah restoran yang sudah enggak dipakai, dan punya sejumlah distrik seperti yang ada di berbagai negara Eropa.

 

4. DANAU

(Culture Trip)

 

Kalau kita lihat di peta, Wuhan dipenuhi dengan danau-danau. Wuhan dikenal dengan perairan yang tenang, sering dikunjungi oleh para nelayan dan dihiasi dengan bunga lily berfungsi sebagai oasis dalam kota dan jadi pelarian dari kesibukan sehari-hari. Danau Wuhan yang paling terkenal dan sering dikunjungi adalah East Lake di Distrik Wuchang. Daya tarik yang luas dan indah ini dibagi jadi lima area pemandangan yang unik dan merupakan danau pusat kota terbesar di seluruh Tiongkok.
 
ESTHER CRAMER | CULTURE TRIP
 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments