hero
(Pixabay)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

24 Januari 2020, 14:34 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Perayaan Tahun Baru Imlek biasanya selalu meriah di setiap negara. Berbagai lampion, buah-buahan, makanan, angpao ada selama Tahun Baru Cina ini. Nah, ada berbagai tradisi unik yang masih dijalankan oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. MENYIAPKAN BUAH NANAS

(Pixabay)

Saat perayaan Tahun Baru Imlek, biasanya keluarga yang berkunjung akan membawa berbagai jenis buah-buahan. Kalau di Malaysia, salah satu kebiasaan mereka adalah menyiapkan buah nanas yang diyakini sebagai simbol kebahagiaan. Tidak hanya itu, dalam bahasa Hokkien, buah nanas artinya membawa keberuntungan.

2. BERSIH-BERSIH RUMAH DAN TIDAK KERAMAS SEBELUM IMLEK

(Pixabay)

Membersihkan rumah atau biasa disebut spring clean hanya boleh dilakukan satu hari sebelum Tahun Baru Imlek. Selanjutnya, saat hari pertama Tahun Baru Imlek, tidak seorang pun diperbolehkan membersihkan rumah, karena hal tersebut dipercayai dapat membuang keberuntungan yang didapat saat Imlek. Tidak hanya itu, masyarakat juga dilarang keramas dan mencuci baju karena dipercayai dapat menghilangkan keberuntungan.

3. DILARANG MEMATIKAN LAMPU PADA MALAM TAHUN BARU

(Pixabay)

Pada malam Tahun Baru Imlek, masyarakat keturunan Tionghoa yang merayakan, dilarang mematikan lampu di rumahnya atau membuat rumah menjadi gelap. Hal itu dipercayai untuk menyambut Tahun Baru yang lebih cerah.

4. BERHARAP HUJAN TURUN

(Pixabay)

Saat Tahun Baru Imlek, masyarakat juga menanti-nantikan hujan. Hujan menjadi pertanda turunnya rezeki di tahun baru. Warga Tionghoa percaya apabila hujan turun pada Tahun Baru Imlek, maka selama satu tahun itu ke depan mereka akan dipenuhi berkah.

 

5. MELUNASI HUTANG

(Pixabay)

Hutang dalam bentuk apapun, baik itu tugas kantor atau hutang dalam bentuk uang, harus segera dilunasi sebelum Tahun Baru Imlek. Hutang yang tidak dilunasi sebelum Imlek, menjadi simbol sebagai hutang yang akan terus ada selama satu tahun ke depan.

DEA GITHA | BERBAGAI SUMBER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments