hero
(YouTube: Presiden Joko Widodo)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

22 Januari 2020, 17:10 WIB

ACEH, INDONESIA

Aceh bukan hanya terkenal karena keindahan alam dan budaya, tetapi juga cita rasa kulinernya. Beraneka ragam makanan dan minuman pernah dicoba oleh Presiden Jokowi ketika berkunjung ke Provinsi Paling Barat tersebut. Nah, berikut ini empat kuliner yang direkomendasikan oleh Jokowi lewat akun YouTube Channel Presiden Joko Widodo:

1. Kopi Solong

(YouTube: Presiden Joko Widodo)

Kedai kopi ini berdiri sejak tahun 1974 dantu belum ada kedai kopi lain di Ulee Kareng saat itu. Jadi bisa dibilang kedai ini yang tertua di Banda Aceh. Sistem lama dijalankan di sini artinya di kedai ini kamu bisa minum dulu, baru bayar. Kedai buka dari jam 06.00 pagi dan biasanya sudah ramai didatangi pengunjung. Bahkan sekitar seribu orang menyambangi tempat ini per harinya. Menu yang ditawarkan di sini beragam, ada sekitar 20 menu.

Mulai dari kopi hitam manis, kopi hitam susu, kopi sanger, kopi kocok telur. Dari semua menu yang ada, pengunjung paling banyak memesan sanger espresso. Sanger espresso merupakan campuran kopi robusta dan Arabica. Rahasia kopi ini enak enggak hanya biji kopinya saja, tetapi juga bagaimana proses menyortir, menjemur, dan juga menyangrai. Sehingga hasilkan rasa kopi yang benar-benar mantap!

(YouTube: Presiden Joko Widodo)

“Waktu Bapak Jokowi dua bulan lalu ingin minum ke sini, di agenda tertulis minum Kopi Solong Ulee Kareng. Cuma kita enggak siap tempat karena lagi bangun di belakang. Semoga dengan syuting ini, dengan doa, Bapak Presiden sampai langkah lah ke tempat saya, ” ungkap Haji Nawawi, pemilik Kopi Solong.

2. Warung Nasi Kambing Lem Bakrie

(YouTube: Presiden Joko Widodo)

Warung Makan Lem Bakrie sudah eksis sejak tahun 2013. Warung ini berada di Jalan P. Nyak Makam, Lamteh, Ulee Kareng, Banda Aceh. Buka jam 11.00-16.00 WIB. Menu-menu andalan di Lem Bakrie mulai dari ayam goreng panas, ayam tangkap, kari kambing.

Makanan di sini spesial karena bumbunya diracik langsung oleh Bakrie, pemilik warung makan. Bumbu-bumbu pilihan direbus kemudian setelah satu jam ditambah dengan nangka, pisang dan ditambah air. Sebelum memasak, campuran bumbu diaduk dan prosesnya sekitar memakan waktu dua jam.

Untuk pembuatan menu ayam cuma perlu waktu 10 menit saja, setelah diberi bumbu tinggal digoreng dan siap disajikan. Begitu para pengunjung datang langsung dihidangkan. Makanannya langsung ditaruh di atas meja.

Prinsip di warung makan ini semua harus serba cepat, karena kalau lama bakalan bikin pengunjung enggak mau makan. Dan di sini pengunjung cuma perlu bayar makanan yang dimakan saja, kalau makanan yang dihidangkan enggak dimakan, maka kita enggak perlu bayar.

(YouTube: Presiden Joko Widodo)

Rumah makan ini pernah disambangi Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. Saat itu pemilik menanyakan apakah perlu persiapan meja khusus, namun justru pihak Istana meminta pemilik rumah makan untuk menyediakan semuanya sama seperti menerima kedatangan para pengunjung sehari-hari.

Makanan favorit Jokowi di rumah makan ini yaitu kari kambing dan ayam goreng. Bahkan Presiden sempat memuji rasa makanannya yang enak sekali. Sejak itu, pengunjung yang datang jadi bertambah dan kerap bertanya keberadaan Waurng Lem Bakrie yang pernah disambangi Jokowi.

3. Mie Razali

(YouTube: Presiden Joko Widodo)

Kedai mie yang satu ini sudah ada dari tahun 1967 dari zaman Heri, koki Mie Razali masih kecil, kedai ini sudah ada. Mie ini awalnya dijual memakai gerobak di emperan jalan, namun siapa sangka bisa menjadi kedai seperti sekarang. Pengunjung yang mau makan di sini enggak perlu khawatir karena mie yang digunakan bebas formalin atau borak. Dari jam 09.00 pagi para pegawai udah mempersiapkan bahan masakan, seperti memotong sayur-sayuran, dan mengumpulkan bumbu-bumbu sampai selesai.

Pastikan kalau kamu datang ke sini bukan saat salat maghrib ya, karena kedai ini tidak melayani pengunjung saat salat Maghrib alias break. Tapi tenang aja, setelah salat maghrib kamu pasti langsung dilayani. Menu andalan di sini yaitu mie campur, mie kepiting, dan mie seafood. Di sini juga ada roti canai, martabak aceh yang juga bisa jadi pilihan. Enggak ketinggalan teh tarik juga jadi andalan di sini.

(YouTube: Presiden Joko Widodo)

Yang bikin mie Razali beda dari mie lainnya yaitu racikan bumbu, takaran kuah kaldu, takaran mie, racikan kecap, air gula dan cuka. Semua campuran bumbu diaduk merata dan ditutup sebentar sampai matang. Setelah jadi, baru deh dikasih bawang, acar, mentimun dan jeruk nipis.

Pastinya dengan tambahan taburan emping yang khas. Semua resep ini berasal dari almarhum Razali yang tetap dijaga. Presiden adalah mie Aceh kuah daging dan jus tomat.

4. Bu Si Itek Bireuen

(YouTube: Presiden Joko Widodo)

Kedai satu ini sudah ada dari taun 2002. Awal mulanya Ustad Heri, sang pemilik Bu Si Itek Bireuen, berjualan di emperan trotoar. Sebenarnya ide berjualan ini muncul ketika sang pemilik kedai dari Bireun, ke Banda Aceh, membuka usaha setahun sebelum kuliah. Bermula dari hobi memasak ditambah dukungan dari teman-teman di Banda Aceh, setiap Ustadz Heri memasak, teman-temannya diundang, dan mereka mengajukan untuk berjualan.

Ternyata mendapat sambutan hangat dari pengunjung. Semakin hari orang yang datang semakin banyak. Kedai ini buka mulai dari jam 11.00 WIB sampai jam 14.30 WIB. Lalu kedai akan buka lagi jam 17.00 WIB sampai jam 22.00 WIB. Sekitar 400 orang bisa menyambangi kedai ini di siang hari. Dan sekitar 1.000 orang menyantap hidangan di sini pada malam hari.

(YouTube: Presiden Joko Widodo)

Menu andalan utama yaitu bebek kari dan ayam. Untuk menu bebek kari penyajiannya ditambah dengan nanas yang bikin menu bebek kari di sini beda dengan yang ada di tempat lainnya. Tujuannya yaitu untuk menghilangkan rasa enggak enak di mulut setelah makan bebek. Untuk cicipi menu Sie Itek kamu perlu membayar Rp10 ribu per porsi. Dan menu Ayam Goreng Rp15 ribu per porsinya.

ESTER CRAMER | YOUTUBE: PRESIDEN JOKO WIDODO

 

 

 

 

 

 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments