hero
(Twitter @bileeuww)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

16 Januari 2020, 12:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Jagat Twitter terguncang, lagi-lagi karena sebuah utas cuitan penggunanya. Kalau dulu soal desa horor, lalu akhir 2019 ada soal maskapai penerbangan, kali ini kisahnya berbeda dan menyentuh netizen. Nadya dan Nabila, gadis kembar yang terpisah sejak kecil dipertemukan kembali tak sengaja via media sosial.

Kisah nyata bak sinetron ini dimulai pada tahun 2018. Nadya Elvira, remaja yang sejak kecil tinggal di Depok, Jawa Barat mendapatkan kiriman video Tiktok dari kawannya. Teman Nadya menyebutkan jika orang yang ada di video itu mirip sekali dengan dirinya. Namun, karena tidak dianggap serius video Tiktok ini tenggelam dan terlupa begitu saja oleh Nadya.

1. NADYA MULAI PENASARAN

Desember 2019, Nadya menerima pesan melalui tag di akun Instagram-nya jika pemilik akun @bileeuww yaitu Nabila mirip dengan dirinya. Terdorong penasaran, kemudian Nadya masuk ke dalam akun pribadi Nabila Azzahra. 

Bukan main kagetnya Nadya menemukan banyak kemiripan Nabila dengan dirinya. Pose berfoto, suara ketawa, fobia balon, takut ketinggian, sampai kesukaan dirinya akan es batu pun dimiliki Nabila.

Nadya yang menemukan ini, terusik. Gadis remaja yang tinggal di Depok ini pun kemudian mengumpulkan banyak informasi. Semakin banyak, semakin kemiripan yang Nadya temukan. Bahkan, tanggal lahir keduanya pun sama pada 23 Maret 2003, di Makassar, Sulawesi Selatan.

Insting Nadya bergejolak. Ia bertanya-tanya apakah perempuan di Instagram itu saudara kembarnya. Ia sebenarnya ingin mengkonfirm langsung Nabila, namun ragu. Akhirnya, Nadya kemudian memilih bertanya kepada ibunya. 

Bermodal sebuah tangkapan layar dan keberanian, Nadya bertanya kepada ibunya. Namun, bukan jawaban yang langsung ia terima. 

"@jonasociety reaksi mamaku...... ceming terus langsung lari ke kamar kakak ku yang cewek. aku disuruh diem di kamar" Cuitan Nadya dalam utas di akun Twitter pribadinya.

Ibu Nadya memilih untuk diam. Ibunya pun sempat menyuruh Nadia untuk tidak mengontak orang dalam foto yang ia tunjukkan itu. Instingnya kian kuat, Nadya semakin terusik pertanyaan apakah Nabila saudara kembar yang ia tidak ketahui selama ini.

Akhirnya, dengan sedikit keberanian dan rasa penasaran Nadya mengirimkan pesan melalui direct message Instagram Nabila. Namun jawaban yang ditunggu tak kunjung ia dapatkan.

 

2. TITIK TERANG MULAI TERLIHAT

Nabila menerima banyak pesan serupa yang diterima Nadya. Mulai dari mention, tag, dan direct message menunjukkan tentang kemiripan keduanya. Sosok Nadya, gadis remaja asal Depok ini disadari Nabila dan memang mirip dirinya.

Akhirnya, Nabila temukan DM Nadya. Dalam pesan singkat itu, Nabila langsung di todong pertanyaan oleh Nadya. Pertanyaan tentang kemiripan mulai ciri fisik sampai kebiasaan Nadya, Nabila aminkan. Akhirnya, kedunya pun bertukar nomor telepon pribadi.

Tak butuh waktu lama, keduanya pun langsung melakukan video call. Di dalam sesi video call itu, keduanya heran dan terkejut bagaimana miripnya mereka berdua. Komunikasi keduanya pun kian intens dan selama itupun semakin banyak kemiripan yang mereka berdua temukan.

Pertanyaan tentang siapa jati diri mereka berdua pun kian menggangu rasa ingin tahu mereka. Akhirnya setelah semua lebih tenang, orang tua  Nabila menjelaskan siapa Nabila ini. Dan terungkaplah, jika Nabila ini adalah anak angkat orang tua yang selama ini mengasuhnya.

Nabila adalah satu dari kembar 3 yang dilahirkan 16 tahun lalu. Ibu kandung Nabila dan Nadya adalah orang yang kala itu tidak mampu. Bayi kembar tiga yang lahir prematur. 

Ketiganya butuh penanganan medis dengan biaya ekstra untuk bertahan hidup. Ibu kandung Nabila dan Nadya tidak memiliki biaya. Akhirnya, bayi kembar tiga ini ditawarkan untuk diadopsi.

Bayi Nadya ditawari kepada ibu angkatnya oleh kerabat untuk diadopsi. Sempat ragu, namun akhirnya keluarga baru Nadya itu mantap menerima Nadya masuk ke dalam keluarga baru untuknya. Dengan sabar dan kasih sayang, bayi prematur Nadya pun dibesarkan dan diasuh keluarga angkatnya sampai hari ini. 

Di pulau Sulawesi, bayi Nabila pun diadopsi keluarga barunya. Ayah dan Ibu Nabila bersuara sama dengan kedua orang tua Nadya, ibu kandung mereka mengalami kesulitan ekonomi. Selama 16 tahun, Nabila yang menjadi anak tunggal ini dibesarkan orang tuanya. Nabila pun mengaku sayang kepada keduanya.

3. SEMPAT DITUTUPI

Awalnya, memang kedua orang tua Nabila dan Nadya sempat menutup fakta ini, karena khawatir dengan kesiapan mental putri mereka atas informasi besar ini. Namun akhirnya semuanya dibeberkan dan dijelaskan.

Kini Nabila dan Nadya masih mencari satu lagi mereka. Selain itu, mereka berdua pun ingin bertemu denga ibu kandung mereka. Sayangnya, orang tua angkat Nadya dan Nabila kehilangan kontak ibu kandung mereka.

Seperti kisah hidup mereka seperti sinetron, jalan takdir mempertemukan Nabila dan Nadya  melalui Twitter, Tiktok, dan Instagram.

ARIS SATYA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments