hero
(NET.CJ Bhekti Setyowibowo)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

14 Januari 2020, 11:41 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pisang dikenal kaya akan manfaat, karena mengandung banyak nutrisi yang baik untuk pencernaan, kesehatan jantung, dan penurunan berat badan. Enggak cuma buahnya saja, tapi kulit pisang juga punya khasiat untuk membantu pembentukan otot, meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mencegah kanker. Indonesia sendiri dikenal sebagai produsen pisang nomor tujuh di dunia. Bahkan pisang menjadi komoditas yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia, karena sekitar 45% konsumsi buah-buahan adalah pisang. Enggak heran kalau banyak kreasi makanan atau minuman terbuat dari buah ini. Berikut ini tiga olahan pisang pilihan NET.Z yang bisa kamu coba buat di rumah.

1. Kopi Susu Pisang

(NET.CJ Qurotul Ayun)

Tren kopi susu alias kopi susu kekinian mulai menyerang lidah orang Indonesia sekitar dua tahun terakhir. Seolah enggak mau ketinggalan tren, Kopi Keliling atau yang dikenal dengan Koling juga  ikut menyajikan menu minuman kopi susu. Tapi kopi susu yang disajikan beda dari yang lain, karena kopi susunya dipadukan dengan buah pisang yang dicampur di dalam gelas.

harumnya kopi dan manisnya susu ditambah dengan gurihnya pisang memberikan cita rasa baru bagi pencinta kopi. Meski berupa gerobak, tapi kopi yang disajikan bukan instan loh, melainkan kopi yang diseduh dengan teknik manual brew v60. Harganya Rp16 ribu per gelasnya. Gerobak Kopi Keliling ini bisa kamu temui di beberapa titik di kota Yogyakarta, salah satunya di depan Hotel Inna Garuda di Jalan Malioboro.

2. Jus Kulit Pisang

(NET.CJ Arik Tri Pangestuti)

Kita seringkali meremehkan kulit pisang, bahkan enggak jarang nasib kulit pisang berakhir begitu saja di tempat sampah. Tapi, di kedai minuman yang ada di Jalan Veteran, Bojonegoro, Jawa Timur kulit pisang bisa disulap jadi bahan minuman segar. Kulit buah kaya manfaat ini dijadikan nata de banana. 

Cara pembuatannya cukup gampang yaitu dengan memasukkan kulit pisang yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam blender dan jus kulit pisang direbus hingga mendidih. Setelah itu diberi campuran bakteri dan urea sebagai bahan fermentasi. 

Lalu cairan kulit pisang dimasukkan ke dalam ember dan dibiarkan selama tujuh hari. Setelah difermentasi selama tujuh hari cairan kulit pisang sudah berubah jadi nata de banana.

Kenikmatan nata de banana bertambah ketika diampur dengan nata de coco dan sirup. Kesegaran nata de banana ini bisa kamu dapatkan dengan merogoh kocek sebesar Rp10 ribu.

3. Pisang Pedas

(NET.CJ Bhekti Setyowibowo)

Kita terbiasa dengan olahan pisang yang rasanya cenderung asin atau manis. Tapi buat para pecinta jajanan pedas, kini bisa mencoba sensasi pedas yang unik dari menu banana spicy di outlet Cap Panorama di Jalan Soekarno Hatta, Malang, Jawa Timur.

Di sini, pisang diolah dengan cara dipipihkan agak tipis dan digoreng, setelah matang lalu diberi bumbu pedas. Rasanya semakin gurih saat ditambahkan saus mayonaise dan cabe rawit. Dijamin bisa bikin bibir kamu dower keenakan! Pisang pedas ini bisa kamu nikmati dengan harga Rp13 ribu per porsinya.  

NET.CJ QUROTUL AYUN | NET.CJ ARIK TRI PANGESTUTI | NET.CJ BHEKTI SETYOWIBOWO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments