hero
(BBC)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

13 Januari 2020, 12:15 WIB

INGGRIS

Joe Franklin baru berumur 12 tahun ketika memulai kariernya sebagai pengusaha muda dengan berjualan sepatu sneakers. Bermodal uang dari kado ulang tahun yang ditabung sebesar USD395 atau sekitar Rp54 juta ia membeli sepasang sepatu langka dan dijual kembali dengan harga dua kali lipat. Sekarang, umurnya 17 tahun, ia jadi pemilik bisnis sepatu kets yang menyuplai rapper Inggris Dizzee Rascal dan AJ Tracey. 

(Vice)

Sepasang sepatu olahraga paling mahal pernah dibeli yaitu Nike Air Mags, yang harganya £45 ribu atau sekitar Rp616 juta. Ia kemudian menjualnya seharga £57 ribu atau sekitar Rp780 juta. Perjalanan hidup Franklin tidak mudah. Di tahun 2018 ia sukses meluncurkan bisnisnya yang diberi nama ‘5upplied’, di tahun yang sama ia juga putus sekolah dari Sixth-Form College di Inggris. Franklin juga diketahui menderita disleksia dan menganggap jika pendidikan formal bukan bidangnya.

(The Sun)

Keterampilannya membangun jaringan global dengan klien top diakui banyak orang terutama pencinta sneakers. Fanklin awalnya menggunakan Facebook untuk menjual sepatu kets tapi sekarang menggunakan kantor pusat layanan musik streaming musik bawah tanah Keakie di Shpredotch, London. Toko ini enggak terbuka untuk umum, hanya menawarkan sesi fitting khusus dengan reservasi terlebih dahulu untuk klien yang pembelanjaannya besar. 

1. Menyediakan yang Enggak Tersedia

(CNBC)

Remaja 17 tahun ini mengatakan reputasinya dibangun atas kemampuannya membangun jaringan. Pernah ada klien memintanya untuk menemukan 10-15 pasang sepatu langka hanya dalam waktu tiga jam. Franklin berhasil mendapatkan 12 pasang dari yang diminta.

Di lain waktu, seorang klien memberi waktu 10 jam buat Franklin mencari sepasang sepatu sepatu cuma punya dua jam, kets Nike SB Dunk Paris yang ia jual seharga Rp606 juta sebelum ia kembali ke Dubai. Begitu dia dapat, langsung dibawa ke terminal bandara jet pribadi Luton London.

Menurut Franklin, banyak bisnis yang dari mulut ke mulut, dengan sumber sepatu dari kenalannya di sejumlah tempat seperti New York, Dubai dan Sydney. 

2. Pelajaran Terbesar

(The Sun)

Franklin mengatakan, belajar dari kesalahan adalah salah satu pelajaran terbesarnya sebagai pemilik bisnis yang masih muda. Dia juga telah belajar pentingnya kesabaran, teratur dan mendorong anak muda lainnya untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan passion. 

"Saya tidak takut melakukan kesalahan, selama saya belajar dari mereka. Jangan pernah menyerah, teruslah maju dan dorong dirimu," ungkap Franklin seperti dikutip dari CNBC pada (13/01/20).

ESTHER CRAMER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments