hero
(NET/Esther Cramer)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

7 Januari 2020, 13:35 WIB

MALUKU, INDONESIA

Keindahan alam Indonesia memang selalu penuh kejutan. Pulau-pulau indah tersebar di seluruh perairan nusantara dan bisa menjadi tujuan wisata bagi turis lokal maupun mancanegara. Wilayah Timur menyimpan banyak tempat tersembunyi yang cantik. Salah satunya Pulau Bair, yang terletak di Tual, Maluku Tenggara. Bagaimana kecantikkan pulau ini? Berikut ulasannya:

1. VERSI MINI RAJA AMPAT

(NET/Esther Cramer)

Pulau Bair bisa dibilang versi mini Raja Ampat. Persamaannya terletak pada keberadaan tebing-tebing batu yang mengelilingi pulau ini. Bentangan alamnya emang enggak seluas Raja Ampat di Papua Barat atau Phi Phi Island di Thailand, tapi pesona panoramanya boleh diadu.

Dalam bahasa lokal, Bair atau Baer punya arti tidak terlihat. Itu sesuai dengan dengan kondisi pulau ini yang kosong dan tidak berpenghuni. Tebing-tebing batu tinggi yang mengelilingi pulau ini menambah keindahan panorama yang secantik lukisan. Selain itu, keunikan dan daya tarik pulau ini di antaranya yakni adanya dua teluk yang air lautnya berwarna biru kehijauan.

Di sini kamu bisa berenang, menyelam ataupun naik perahu dan mengeksplor cantiknya pulau ini . Tapi kamu wajib waspada karena di perairan ini hidup berbagai biota laut seperti hiu blackpit. Jangan sampai aktivitas kamu mengganggu penghuni laut ya.

2. MENYEBERANGI SAMUDERA

(NET/Esther Cramer)

Untuk menuju ke Pulau Bair, kamu harus menyeberangi samudera dengan menggunakan speedboat selama 30 menit dari dermaga di Desa Dullah. Biaya transportasi sebesar Rp500 ribu per orang cukup mahal tapi dijamin terbayarkan dengan keaslian alamnya. Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini yaitu antara Maret sampai Agustus, saat musim angin Timur. Karena waktu tersebut bisa lebih tenang dari ombak.

Nah kalau kamu ke sini jangan lupa untuk posting foto di media sosial. Karena dengan begitu, kamu udah bantu pemerintah Kota Tual untuk lebih memperkenalkan kecantikan Pulau Bair ke masyarakat luas.

ESTHER CRAMER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments