hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

3 Januari 2020, 13:40 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Di musim hujan seperti ini memang paling nikmat jika menyantap makanan berkuah, bakso misalnya. Enggak cuma karena rasanya saja, tapi makanan berkuah dan hangat bisa menetralisir suhu dingin dalam tubuh. Terkadang bosan juga kalau makan bakso itu-itu saja. Maka dari itu, NET.Z punya rekomendasi bakso unik di seluruh Indonesia yang telah dirangkum berikut ini: 

1. BAKSO MERAPI

(NET.CJ Sulistyawan Dibyosuwarno)

Di Yogyakarta, ada bakso unik yang bisa kalian coba, yaitu Bakso Merapi. Sesuai namanya bakso ini dibuat dengan menyerupai bentuk Gunung Merapi. Bakso dibentuk cukup besar karena terdiri dari setengah kilogram daging cincang. Wow! Selain itu, bakso ini juga dilengkapi dengan saus cabai pedas yang meleleh di atasnya mirip dengan lelehan lava. Jadi jika kalian ingin mencoba letusan bakso merapi di mulut kalian bisa langsung datang ke restoran Laba Laba Bakso & Kitchen yang ada di Maguoharjo, Sleman. 

 

2. BAKSO LAVA

(NET.CJ Deni Agustian) 

Selain bakso merapi ada juga Bakso Lava yang terletak di Sumenep, Madura, Jawa Timur.  Meskipun sekilas mirip bentuknya dengan bakso-bakso pada umumnya, tapi jangan salah bakso ini berbeda dengan bakso kebanyakan. Karena begitu dibelah bakso ini seolah mengeluarkan lava yang lumer keluar. 

Rasa dan pedasnya jangan ditanya, enak banget. Bakso Lava ini memiliki ketebalan sekitar 1 cm dan berdiameter 8 cm. Isiannya pun enggak cuma sambal saja tapi juga ada dua telur puyuh dan daging cincang. Kemudian dipadukan dengan keju mozarela dan saos khusus. Saus inilah yang bisa emnimbulkan efek lava ketika bakso dibelah. 

Nah, buat yang enggak suka pedas jangan khawatir karena ada varian Bakso Lava tanpa cabe. Uniknya di sini kalian bisa memilih menu kuahnya juga loh, ada yang pedas dan ada yang tidak pedas. Pemilik mengungkapkan tidak ada resep istimewa untuk emmbuat bakso ini, hanya saja yang membedakan yaitu dari cara memproduksinya yang menggunakan teknik khusus.

Harganya cukup terjangkau hanya dengan Rp20 ribu kalian bisa menikmati seporsi Bakso Lava ini. Bagi yang tertarik berkunjung makan bakso lava kala hujan langsung saja datangi Jalan Raya Trunojoyo, Kolor, Sumenep, Jawa Timur. 

 

3. BAKSO BREKELE

Dari Yogyakarta kita langsung berkunjung ke Kabupaten Langkat Sumatera Utara untuk mencicipi Bakso Brekele. Disebut Bakso Brekele karena bakso ini diselimuti dengan balutan mie. Enggak cuma ada balutan mie-nya saja tapi spesialnya bakso ini juga berisi cincangan hati ayam yang dicampur dengan taburan cabai rawit merah yang pedas di dalamnya.

Buat kamu yang penasaran dengan bakso unik ini langsung datang aja ke Cafe Sederhana yang terletak di Jalan Terusan Kita, Tanjung Pura, Langkat, Sumatera Utara. Mulai buka pukul 10.00-23.00 WIB. Harganya pun terjangkau banget hanya sekitar Rp15 ribu rupiah saja. 

NET.CJ AGUS SIDARTA | NET.CJ SULISTYAWAN DIBYOSUWARNO | NET.CJ DENI AGUSTIAN | LARAS PUTRI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments