hero
(NET.CJ/Grandy Wiliam Kindsey)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

31 Desember 2019, 17:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Jelang pergantian tahun segala persiapan perayaan pasti dilakukan. Nah kalau di Indonesia tahun baru biasanya identik dengan kumpul bersama keluarga, meniup terompet, dan pesta kembang api. Lain halnya dengan beberapa negara ini. Kira-kira apa saja tradisi uniknya. Berikut tiga perayaan tahun baru di negara lain yang cukup berbeda dari Indonesia.

1. AUSTRIA

(NET.CJ Dini Khairunnisa)

Warga Austria memiliki tradisi unik menyambut tahun baru yang enggak ada di negara lainnya, yaitu mengumpulkan barang-barang yang dianggap sebagai benda keberuntungan. Diantaranya adalah simbol babi, tapal kuda, kumbang kepik, jamur, semanggi berdaun empat, bahkan tukang pembersih cerobong asap.

Harapannya, bisa membawa banyak keberuntungan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Maka jangan heran jika akhir tahun  kalian berkunjung ke Austria, kalian akan sering menemukan simbol-simbol ini yang dijual dimana aja untuk berbagai macam benda.

 Wah kok bisa ya? bisa dong, karena warga Austria percaya bahwa barang-barang tersebut dinilai sebagai pembawa keberuntungan untuk tahun yang akan datang. Bentuknya bermacam-macam mulai dari boneka, akesori, sabun, cokelat, hingga gantungan kunci.

Harganya pun tidak terlalu mahal berkisar 10 euro saja. Nah enggak cuma di jual saja tapi simbol-simbol ini juga digunakan sebagai hiasan berbagai tempat saat jelang tahun baru.  Maka jangan kaget ya, kalau kalian menemukan beragam dekorasi unik seperti babi hingga tukang pembersih cerobong asap.

Salah satunya di tram yang merupakan transportasi utama Kota Graz. Mulai dari dekorasi dan aksesori yang dikenakan oleh kondektur, semuanya berbau simbol keberuntungan. Ketika jelang akhir tahun kalian juga bisa mendapatkan cokelat berbentuk babi yang dibagikan gratis oleh petugas tram. Wah seneng ya!

2. JEPANG

(NET.CJ Grandy Wiliam Kindsey)

Jangan heran kalau berkunjung ke Jepang saat tahun baru, jarang sekali ditemukan terompet atau bahkan riuhnya bunyi petasan dan kembang api. Biasanya warga Jepang lebih memilih menghabiskan malam tahun baru untuk berdoa dan berdiam diri di rumah. Tapi di Osaka ada tradisi menarik.

Warga Jepang hingga turis asing terjun ke sungai dari jembatan Ebisubashi. Pastinya dingin banget, secara saat pergantian tahun di jepang sedang musim dingin. Tujuannya yaitu untuk meramaikan perayaan tahun baru di Jepang. Oh ya, setelah merasakan dinginnya berenang di sungai ini, biasanya masyarakat Jepang menggelar sejumlah tradisi turun-temurun dari nenek moyang.

Salah satunya Hatsuhinode atau melihat matahari terbit untuk pertama kali kala tahun baru. Wah momen matahari terbit ini penting banget apalagi di negara dengan julukan negeri matahari terbit. Oh ya, meskipun suasana malam tahun baru di Kawasan Dotonbori Osaka sangat ramai tapi tenang aja, keamanannya dijaga ketat kok oleh pihak kepolisian yang masih bertugas.

3. SPANYOL

(NET.CJ Elyas Tampubolon)

Tahun baru menjadi momen yang paling ditunggu oleh semua kalangan masyarakat ya. Tak terkecuali oleh masyarakat di Madrid, Spanyol. Mereka memiliki tradisi unik yaitu makan anggur bersama bersama di pusat kota atau tepatnya di Plaza del Sol.

Bersama keluarga dan kerabat mereka bersiap untuk menyantap 12 buah anggur pada 12 detik terakhir pergantian tahun. Begitu lonceng menghitung mundur 12 detik, masyarakat serentak memakan anggur yang sudah disiapkan. Seru banget!

Selepas makan anggur, masyarakat mulai bertukar pelukan dan ciuman dengan orang terkasih. 12 anggur ini menggambarkan 12 bulan ke depan yang diharapkan manis seperti anggur.

Sebetulnya ada cerita menarik dari tradisi ini. Tradisi bermula dari surplus anggur di Spanyol pada  tahun 1930-an hingga akhirnya anggur dimanfaatkan untuk tradisi tahun baru hingga saat ini.

Enggak cuma itu saja, di kawasan ini juga terdapat para seniman jalanan dari para kakek yang bersepeda dengan lampu warna-warni hingga tari-tarian modern. Ada juga Pasar Natal yang menjual berbagai properti menarik tahun baru dan tentunya anggur.

LARAS PUTRI | NET.CJ DINI KHAIRUNNISA | NET.CJ GRANDY WILLIAM KINSEY | NET.CJ ELYAS TAMPUBOLON

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments