hero
(Pixabay)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

20 Desember 2019, 08:05 WIB

ACEH, INDONESIA

Aceh, adalah provinsi paling barat Indonesia tepatnya di ujung Pulau Sumatera. Dengan populasi sekitar 5,2 juta jiwa, Aceh menjadi daerah eksotis yang memiliki keunikan kuliner, keindahan alam, dan juga keramahan masyarakatnya. Masih pikir-pikir? Simak nih, kenapa kamu harus sempatkan traveling ke Aceh ala NET.Z.

1. Kuliner Ajaib

(Pixabay)

Aceh adalah surga bagi pecinta kuliner pedas. Salah satunya, Mie Aceh yang ngehits dimana-mana. Kalau di kota-kota besar saja makanan Aceh terkenal enak, pasti akan lebih enak jika menyantap langsung di daerah asalnya. Mie Aceh dengan tekstur mienya besar, kuah pedas, ditambah dengan pilihan potongan daging sapi, ikan, kambing, udang, atau cumi tentunya menggugah selera.

Ini adalah salah satu menu yang harus diicip kalau baru mendarat di Banda Aceh. Enggak cuma itu, ada juga nih ayam tangkap, menu ayam goreng yang dipotong kecil-kecil lalu ditaburi daun teumuru. Ayam gorengnya memiliki rasa khas Aceh yang bikin kangen balik lagi untuk kulineran ke sini. Serunya lagi, di Aceh porsinya tidak ada yang kecil alias semua serba jumbo dan dijamin puas.

2. Surganya Kopi

(ANTARA FOTO)

Kalau ke Aceh enggak ngopi itu ganjil, karena di sini mudah sekali menemukan warung kopi. Bahkan ada yang bilang nih tiap sepuluh langkah di Aceh selalu menemukan warung kopi. Eits tapi kopi yang disajikan bukan kopi dari luar, melainkan asli sini. Selain aromanya nikmat, sensasi rasa asam kopinya pun membuat penikmatnya ketagihan. 

3. Alam Luar Biasa

(Pixabay)

Paket lengkap keindahan alam gampang banget ditemukan ketika berkunjung ke Aceh. Panorama bawah laut yang indah dengan mudah ditemukan ketika ke daerah Sabang. Kalau mau surfing, coba ke Pulau Simeulue dan Lampuuk. Ingin pantai pasir putih ala Maldives? Ada Pulau Banyak Singkil. Selain laut, coba nikmati alam pegunungan di Aceh Tengah tepatnya di Gunung Leuser.

Buat kamu yang suka dengan wahana menguji adrenalin, ada arung jeram di Kerambe, Aceh Tenggara. Sementara yang mencari ketenangan bisa coba datang ke Pulau Nasi dan Pulau Beras. 

Di Pulau Nasi, pantainya perawan alias masih belum ramai oleh wisatawan. Jaraknya pun hanya satu jam dari Banda Aceh. Menariknya, di Pulau Beras ini ada mercusuar legendaris yang sudah berjasa memandu tak terhitung kapal merapat ke darat. 

4. Didukung Pemerintah

(ISTIMEWA)

Berbagai objek wisata di Aceh yang tumbuh subur pun di dukung penuh oleh pemerintah Aceh. Dengan tagar #DestinasiWisataAceh, Aceh semakin giat untuk meningkatkan kualitas pariwisata. Aceh pun menjadi destinasi favorit wisatawan asing.

Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh mencatat sejak Januari hingga September 2019, terbanyak berasal dari Malaysia (12.609 orang), Jerman (1.001 orang), Amerika Serikat (824 orang), Tiongkok (708 orang), dan Inggris (524 orang).

Melalui Badan Penghubung Pemerintah Aceh dan Dinas Budaya dan Pariwisata Aceh juga melakukan pameran promosi daerah Aceh. Salah satunya dalam Forum Silaturahmi Aceh Meusapat II, mulai dari dialog perkembangan wisata Aceh dan teaser untuk para traveler. 

"Semua wilayah Indonesia punya potensi yang luar biasa, namun mungkin Aceh lebih potensial tapi kita tahu potensi itu kan tidak cukup kalau belum diolah yang masih tersimpan kita perlu oleh kekuatan itu," ujar Nova Iriansyah, PLT Gubernur Aceh pada Sabtu, 21 Desember 2019. 

Selain itu ada pula Pameran Travel Mart yang menawarkan banyak paket wisata Aceh. Di sini ada agen-agen perjalanan wisata yang memberikan promo dengan harga menarik! Jadi kapan ke Aceh?

ARIS SATYA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments