hero
Festival Woodstock 2012 di Polandia. (Woodstock.com)

EDITOR : OCTOBRYAN

16 Desember 2019, 20:05 WIB

INDONESIA

Sempat absen di tahun 2019, kini Hammersonic akan kembali memuaskan dahaga para pecinta musik metal Tanah Air dengan diumumkannya Hammersonic Festival 2020. Nah, rencananya Slipknot dan band punk rock legendaris Black Flag akan hadir mengisi keriuhan festival musik metal terbesar di Asia Tenggara ini.

Tapi selain Hammersonic, ternyata banyak juga gelaran musik cadas yang siap memacu adrenalin kamu. Nah, NET.Z ada cerita soal beberapa festival musik fenomenal yang pernah ada di dunia:

 

 

 

1Woodstock Music Festival

Woodstock punya konotasi yang begitu kuat. Ia membekas dalam kesadaran budaya umat manusia. Konser ini adalah festival musik rock, pop, metal, dan folk yang diselenggarakan selama tiga hari berturut turut pada tanggal 15 Agustus hingga 17 Agustus 1969.

Hampir setengah juta orang berkumpul dan menikmati konser yang diadakan di halaman peternak sapi milik Max Yagur di New York. 

Sejumlah musisi yang  tampil di woodstock 1969 diantaranya Jimi Hendrix,Janis Joplin,Santana,The Who. Seperti dilansir majalah Rolling Stones, dalam festival tersebut semua orang bebas melakukan apa saja. 

Tenda-tenda berdiri di segala sudut, danau dipenuhi manusia tak berbusana, hamparan padang rumput menjadi alas rebah untuk mereka.

Konser yang begitu ikonik tersebut sampai didokumentasikan oleh Michael Wadleigh dalam film dokumenter pada tahun 1970.

2Rock Am Ring

Rock am Ring adalah konser musik rock terbesar di Jerman. Konser pertama kali berlangsung di Nurburgring  tahun 1985 di arena pacuan kuda di bagian barat Jerman.

Berlangsung selama tiga hari berturut turut, festival ini menjadi arena musik cadas terbesar di Eropa. Sejumlah band seperti Korn, Metallica, Slipknot, Rage against The Machine sampai Limp bizkit pernah meramaikan festival yang rutin dilakukan tiap tahun ini.

3HellFest

Hell Fest Summer Open Air . (Instagram HELLFESTOPENAIR)


Ibadah Rock selanjutnya adalah Gelaran bertajuk Hellfest Summer Open Air. Festival ini diklaim sebagai salah satu festival musik cadas terbesar di Eropa. Digelar setiap pertengahan Juni, perhelatan yang pertama kali diadakan tahun 2006 itu memiliki jumlah rataan penonton mencapai 180.000 orang.

Berlokasi di kota Clisson, Prancis, Hellfest merupakan kelanjutan dari pagelaran Fury Fest, yang terakhir digelar tahun 2005 silam. Sejak pertama kali digulirkan, Hellfest telah menampilkan deretan band metal papan atas seperti Iron Maiden, Deep Purple, ZZ Top, Motörhead, KISS, Slayer, Megadeth, Sepultura, Cannibal Corpse, serta Anthrax.

4Graspop Metal Meeting

Konser Graspop Metal ini diklaim menjadi ajang heavy metal terbesar kedua di tanah Eropa. Memulai debutnya di  Belgia tahun 1996, acara yang dihelat setiap pertengahan bulan Juni selalu diminati penonton internasional yang hampir 200 ribu orang datang ke lokasi pertunjukan.

Semula, Graspop tidak diperuntukkan bagi band-band beraliran musik cadas. Namun, tren musik heavy metal yang sedang naik daun di era 90-an membuat sang pendiri, Peter van Geel akhirnya memutuskan untuk melakukan perubahan drastis.

Di setiap penyelenggaraannya, Graspop selalu membagi panggung menjadi empat bagian dengan fungsi berbeda. Main Stage 1 dan 2, Marquee, Metal Dome dan Jupiler Stage. Dua panggung utama disediakan khusus bagi band-band heavy metal, sementara ketiga panggung lain diisi dengan grup bergenre lain.

Band Cradle of Filth, Slipknot, Behemoth dan Arch Enemy adalah beberapa nama tenar yang sempat ikut memeriahkan gelaran acara yang berlokasi di kawasan Dessel, Antwerp, Belgia.

 

5Monster Of Rock

Monster of Rock adalah konser yang dimulai sejak tahun 1980 karena music Rock dan Heavy Metal sedang sangat digemari saat itu. Band-band besar seperti Guns n Roses, Bon Jovy, ACDC bergantian mengisi acara ini.

Puncaknya pada tahun 1991 ketika lautan manusia memadari Tushino Airfield Moscow pada bulan September. Ketika itu Metallica menjadi band pembuka dengan membawakan lagu Enter Sandman yang diiringi orkestra Extacy of Gold gubahan komponis Italia Ennio Morricone.

James Hetfield nampak sekejap tertegun meski tangan-tangannya tetap sibuk memainkan gitar. Dari atas panggung ia menatap lautan manusia yang membludak hingga nyaris menutupi cakrawala. Lautan manusia yang bergolak melonjak-lonjak, mengepalkan tangan, dan membanting kepala.

New York Times saat itu mencatat jumlah penonton ada di angka 150 ribu hingga setengah juta orang. Namun angka resmi yang dikeluarkan pemerintah kemudian jauh lebih dahsyat: 1,4 juta orang. 53 orang tewas pada konser itu hari.

BUDI RAHARDJO

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments