hero
ilustrasi jus seledri (Needpix.com)

EDITOR : OCTOBRYAN

6 Desember 2019, 12:00 WIB

INDONESIA

Seledri yang biasanya kita temui pada masakan buatan ibu di rumah, kini jadi super food yang ramai banget dibicarakan. Dimana-mana kita bisa dengan gampang nemu jus seledri segar yang siap minum.

Seledri sebenarnya sama seperti tanaman hijau lainnya yang punya phytochemicals, bermanfaat buat semua sistem dan proses metabolisme di dalam tubuh kita. Namun bedanya, tanaman Species Plantarum ini rendah gula dan kalori dibanding satu wortel ukuran sedang. 

Ternyata minum jus seledri secara rutin punya banyak manfaat buat tubuh kita, apalagi sebentar lagi kita mau menyambut tahun yang baru, jadi tubuh harus tetap fit dong.

Berikut 5 manfaat mengkonsumsi jus seledri:

1Melindungi Hati dan Saraf

Phytochemicals yang terkandung dalam seledri bisa melindungi sel hati dan saraf dari proses oksidasi atau bahan-bahan kimia.

2Mencegah Kanker

Berdasarkan hasil penelitian, seledri yang mengandung luteolin bisa melemahkan sel kanker. Seledri sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan di Tiongkok sebagai anti kanker.

3Mengatasi Peradangan Dalam Tubuh

Seledri yang merupakan sumber antioksidan bisa mencegah dan mengatasi penyakit autoimun, infeksi, jerawat, membantu proses penyembuhan tulang dan otot karena reaksi peradangan.

4Mengatur Keseimbangan Cairan Tubuh

Seledri kaya akan kalium dan mineral yang sangat penting dalam banyak proses dalam tubuh kita. Kalium dipercaya sebagai mineral terpenting ketiga untuk tubuh kita supaya bisa berfungsi dengan baik.

5Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Seledri menjaga kestabilan dinding pembuluh darah dan membantu pembentukan sel sehingga punya manfaat menjaga tekanan darah tetap normal.

Waktu terbaik minum jus seledri adalah pagi (sehabis bangun tidur) saat perut masih kosong dan belum terisi.  Jus seledri Juga bukan caloric juice, sehingga pastikan tetap sarapan setelah 15-30 menit minum. Kalau sudah terlanjur makan dan tidak bisa minum jus seledri di pagi hari, pastikan untuk minum setidaknya 30-60 menit setelah makan.

ESTHER CRAMER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments