hero
(NET/ Suwardi Rosadi)

EDITOR : SUWARDI ROSADI

5 Desember 2019, 12:15 WIB

INDONESIA

Gadgetmu bagus dan ter-update yah? Dapat beli murah dari blackmarket alias BM? Well, sepertinya kamu para hijrah nih. Karena pemerintah akan segera memblokir IMEI alias International Mobile Equipment Identity pada ponsel BM.

Sejak 18 Oktober 2019 lalu, Kemenkominfo saat itu bersama Kemendag dan Kemenperin meneken peraturan tentang IMEI. Peraturan ini ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan konsumen, dan meningkatkan kualitas penyedia jasa telekomunikasi seluler. 

Menkominfo Johnny G. Plate (kedua kiri) menyampaikan paparannya saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Rapat kerja membahas rencana kerja Kementerian Kominfo tahun anggaran 2020 serta pembahasan isu-isu aktual. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

“Nanti 18 April 2020 akan mulai menonaktifkan handphone yang IMEI nya ilegal,” jelas Kepala Biro Hubungan Masyakarat Kementerian Komunikasi dan Informatika saat diwawancarai NET.Z, Rabu, 4 Desember 2019. 

Sebenarnya nih, regulasi pengendalian IMEI bukanlah hal baru di industri telekomunikasi. Sudah banyak negara yang mengaplikasi regulasi ini dalam kurun beberapa tahun belakangan.

Seperti Turki tahun 2006, Mesir tahun 2010, Amerika Serikat tahun 2012, Kenya tahun 2012, Malaysia tahun 2014, dan Pakistan tahun 2018.

Ilustrasi telepon selular. (NET\Suwardi Rosadi) 

Asal tahu saja, IMEI adalah identitas ponsel yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Association (GSMA) yang terdiri dari 15 digit nomor unik milik tiap perangkat telekomunikasi yang digunakan untuk identifikasi perangkat tersebut saat tersambung ke jaringan seluler.

(BACA JUGA: Fix! Tahun Depan HP BM Tidak berfungsi)

“Mas cara cek nomor IMEI ku gimana?”, jangan bingung gampang kok. Berikut cara-caranya:

 

 

 

 

 

 

1Cek Melalui Perangkat

Pertama bisa dengan mengecek about phone atau tentang perangkat di bagian pengaturan handphone kita. Menu ini biasa ada di bagian settings atau pengaturan handphone baik yang berbasis Android atau iOS.

 

 

2Cek Melalui Panggilan

Kedua, bisa juga menggunakan *#06#. Caranya dengan menu dial atau panggilan lalu masukkan *#06#. Nanti tidak lama akan muncul nomor IMEI handphone mu.

 

 

3Cek Kardus Ponsel

Ketiga kita juga bisa mengecek kardus dari handphone kita. IMEI ini biasanya di cantumkan dalam bentuk stiker yang ditempel di bagain luar kardus ponsel. Nah, stiker IMEI ini seperti akte kelahiran ponselmu.

 

Mudah kan mengeceknya?

kalau kamu beli ponsel di distributor resmi berlisensi kemungkinan IMEI sudah terdaftar di Kemenperin. Lembaga itu sudah menyediakan layanan situs resmi pengecekan IMEI di imei.kemenperin.go.id.

Tapi jika tidak terdaftar dan telah aktif, atau sudah menggunakan kartu SIM, sebelum tanggal 18 April 2020, ponsel itu tetap dapat digunakan dengan normal.

Nah, stiker IMEI ini seperti akte kelahiran ponselmu. Cek ya. Nah, kalau tidak terdaftar maka ponsel black market hanya akan bisa digunakan buat foto saja, tidak bisa sebagai alat komunikasi.

Hayoo.. apakah ini pertanda saatnya ganti ponsel?

ARIS SATYA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments