hero
(INSTAGRAM/ alivikry)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

2 Desember 2019, 17:36 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Menjadi yang terbesar di Indonesia, Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) menjadi kebanggan rakyatnya. Pasca dipugar dengan budget Rp769 miliar untuk perhelatan Asian Games 2018, GBK menjelma menjadi stadion kaliber internasional.

Enggak hanya itu, Stadion Utama GBK pun dinobatkan menjadi stadion terbesar ke-28 di dunia. Stadion ini bahkan dilengkapi dengan teknologi serta fasilitas kelas dunia! Belum yakin? Nih, 5 fakta Stadion Utama GBK yang wajib kamu tahu.

1Fasilitas kelas Eropa

Setelah direnovasi, Stadion Utama GBK bertransformasi menjadi stadion standar internasional Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Dan juga mengantongi sertifikat bintang lima dari Uni Sepak Bola Eropa (UEFA).

Standar keamanan Stadion Utama GBK juga mumpuni. Bahkan, mampu melakukan evakuasi pengosongan keadaan darurat hanya dalam 15 menit.

Untuk lighting-nya pun enggak tanggung-tanggung. Stadion Utama GBK diterangi 420 lampu LED lampu dengan total kekuatan 3.500 lux. Super terang, tapi tetap hemat energi 50 persen dari lampu biasa.

Selain itu, audio di dalam stadion juga terintegrasi dengan sistem tata suara berkekuatan hingga 80.000 watt PMPO. Oh iya di dalam Stadion Utama GBK juga ada sports complex berisi lapangan tenis lho, hingga kolam renang.

2Tempat duduk nyaman

Kursi single seat flip up menggantikan kursi panjang yang sudah old school banget. Bye kursi ‘ala Warkop’! Kursi penonton ini lebih nyaman dan juga rapih.

Selain itu, kursi-kursi ini perkasa loh. Mampu menahan sampai dengan beban hingga 250 kilogram.

Dengan total kapasitas maksimal 76 ribu penonton, ada pula 200 kursi khusus penonton difabel. Enggak hanya itu, tempat duduk pemain pun sudah standar kursi stadion Eropa.

3Rumput Allianz Arena

Stadion Utama GBK ini menggunakan Zoysia Matrella atau dikenal juga dengan nama rumput Manila. Oh iya, rumput jenis ini juga digunakan di Allianz Arena. Itu lho, kandang Bayern Munchen di Jerman.

Jadi enggak salah dong, Stadion Utama GBK disebut mirip Allianz Arena. Selain itu, rumput di lapangan sepakbola juga memiliki alat penyiram otomatis hingga sistem drainase antibanjir.      

4Fortified Security

Kalau kamu lagi di Stadion Utama GBK, jangan coba melakukan hal yang aneh-aneh, deh. Karena ada sistem CCTV 7K canggih yang terpasang.

Kamera pengintai ini bisa mengenali wajah sampai menganalisa tingkah laku seseorang bila diduga hendak berbuat jahat. Selain itu pintu keamanan pun dilengkapi dengan sistem keamanan yang telah tersinkronisasi dengan ruang kontrol.

Selain itu, buat penonton VVIP seperti presiden atau pun tamu negara yang hadir, ada fasilitas kaca antipeluru. Yang mampu menahan peluru kaliber 7,62 mm.

5FREE WIFI

Nah, ini fitur kekinian yang wajib banget ada dan selalu dicari para pengguna gadget, apalagi kalau bukan WIFI gratis. Ya, koneksi internet gratis disediakan di dalam zona Stadion Utama GBK. Jadi, buat semua yang hadir di dalam GBK bisa enggak ketinggalan untuk update Instastory ataupun mengisi feed Instagram.

Bagaimana, kebayangkan betapa epic-nya Stadion Utama GBK kita? Fun fact lain Stadion GBK ini dulu dibangun hanya dalam waktu 2 tahun, dengan bantuan banyak spesialis dari Soviet. Di mana mulai digarap tahun 1960, dan rampung 21 Juli 1962.

Pembangunan Gelora Bung Karno sendiri, pertama kali dicetuskan oleh Ir. Soekarno di tahun 1956, setelah berkunjung ke Moscow untuk menemui Nikita Khruschev. Kala itu, GBK menjadi tuan rumah Asian Games ke-4. Jadi sekarang, yuk sama-sama jaga stadion kebanggaan kita semua! Cheers!

 

ARIS SATYA NUGRAHA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments