hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

29 November 2019, 10:35 WIB

SULAWESI SELATAN, INDONESIA

Jangan ngaku anak pantai kalau belum berkunjung ke salah satu pantai eksotis di pulau terbesar ke empat di Indonesia ini. Yups apalagi kalau bukan Sulawesi.  Pesona baharinya memang sudah diakui bahkan hingga ke wisawatan mancanegara loh. Kira-kira pantai mana saja itu? Berikut rangkumannya:

1. Pantai Lowita

(NET.CJ/Roedy Hartono)

Pantai landai yang terletak di Suppa, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan ini tidak hanya indah tetapi juga bersih dan masih sepi pengunjung. Ratusan pohon kelapanya pun membuat udara terasa sejuk meski di siang hari.

Tak hanya itu, sejumlah fasilitaspun turut memanjakan pengunjung seperti gazebo untuk berteduh dan berbagai wahana menantang yang telah disiapkan oleh pengelola.

Nah, untuk sampai ke Pantai Lowita pengunjung cukup menempuh perjaanan darat sejauh kurang lebih 20 km dari pusat Kabupaten Pinrang. Biayanya cukup terjangkau , hanya dengan membayar parkir Rp10 ribu saja kalian bisa bermain bersama keluarga di pantai ini.

2. Tanjung Bira

(NET.CJ/Roedy Hartono)

Salah satu pantai andalan Sulawesi Selatan adalah Pantai Pasir Putih, Tanjung Bira. Berlokasi di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, pantai ini jelas menawarkan pemandangan yang luar biasa apalagi airnya masih sangat jernih.

Enggak hanya bisa bersantai dengan bermain pasir putih, pengunjung yang suka tantangan juga bisa mencoba sejumlah wahana permainan air. Mulai dari banana boat dan jet ski. Jika memiliki banyak waktu luang, kalian juga bisa berkunjung ke beberapa pulau cantik.

Seperti Pulau Selayar, Pulau Liukang Loe, dan Pulau Kambing. Untuk menuju ke sana kamu cukup menyewa perahu seharga Rp 250 ribu hingga Rp300 ribu saja. Nah, kalau sudah sampai di sana jangan lupa untuk snorkling atau diving ya! Karena pesona bawah lautnya terkenal memiliki terumbu karang cantik dengan ikan warna-warni. Selamat berlibur!

3. Pulau Samalona

(NET.CJ/Christian)

Enggak jauh dari pusat Kota Makassar, ada sebuah pulau yang bisa jadi alternatif untuk kamu kunjungi bersama teman atau keluarga. Namanya Pulau Samalona. Untuk menuju ke sana, kalian hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja dengan perahu motor dari Pantai Losari Makassar.

Setibanya di sana, kamu akan langsung disuguhi hamparan pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Bahkan saking jernihnya, kamu bisa mengintip terumbu karang langsung dari atas perahu loh.

Eits, tapi kalau sudah sampai di sana jangan cuma mengintip dari atas aja, kalian wajib mencoba snorkling dan diving untuk melihat keindahan bawah laut dari deket. Untuk menyewa alat snorkeling, kamu cukup merogoh kcek sebesar Rp 50 ribu saja.

4. Pulau Tinabo

(NET.CJ/Asri)

Meski hanya memiliki panjang 1,5 km, tapi Keindahan Pulau Tinabo yang terletak kawasan Taman National Yaka Bonerate, Kepulauan Selayar jangan diragukan lagi. Saking indahnya banyak yang bilang pulau ini sebagai saingan Maldives dari timur Indonesia.

Alasannya karena pantai ini menyimpan hamparan karang yang sangat memikat mata sehingga kerap disebut Pulau Atol. Pulau Atol itu adalah sebutan lain dari pulau yang menyimpan terumbu karang yang melingkar menyerupai cincin.

Enggak tanggung-tanggung Pulau Tinabo menempati posisi ketiga sebagai Pulau Atol terbesar di dunia setelah Kwejelein di Pulau Marshal dan Suvadiva di Pulau Maldives. Karena keindahan karangnya dan kontur dinding yang memiliki kemiringan cukup menantang, Pulau Tinabo menjadi surganya bagi para scuba diver.

Untuk menujupulau ini cukup mudah. Dari kabupaten Kepulauan Selayar, kamu bisamenempuh perjalanan laut selama kurang lebih 4 jam.Meksi cukup lama, tapi jangan khawatir bosan karena selama perjalanan kamu akan dimanjakan dengan panorama degradasi warna air laut dan pasir putih yang menyilaukan mata.

Bisa dibilang Pulau Tinabo ini masih jarang dijangkau oleh wisatawan, jadi jangan heran kalau kalian berasa seperti berlibur di pulau pribadi.

LARAS PUTRI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments