hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

28 November 2019, 12:40 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Salah satu kuliner yang gampang sekali ditemukan di sekitar Jawa Tengah ya apalagi kalau bukan tengkleng. Berdasarkan catatan sejarah, awal mula makanan ini muncul karena hanya para bangsawan dan orang-orang Belanda saja yang bisa menikmati masakan daging kambing. Sementara kepala, kaki, dan tulang yang tersisa diberikan kepada pekerja dan tukang masak.

Para juru masak pada waktu itu tak kurang akal, maka dimasaklah tulang-tulang itu yang tentunya masih menempel sedikit daging. Nah, sekarang ini tengkleng banyak dijual dan masing-masing punya cirri khas. Dan berikut pilihan tengkleng yang bisa kamu kunjungi:

1. Tengkleng Kambing Pedas Legenda

(NET.CJ/Tri Wahyu Susilo)

Kalau kamu berkunjung ke Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, jangan lupa untuk mencicipi tengkleng di Warung Sate Kambing Pak Kabul.  Ciri khas dari tengkleng di sini yang cita rasa pedasnya yang sudah terkenal sejak tahun 1988.

Untuk memasak tengkleng, Kabul juga menggunakan kaldu khusus. Kombinasi bumbu yang begitu meresap di lidah, ditambah rasa pedas dijamin bikin ketagihan. Apalagi daging kambingnya empuk dan gurih. Hummm

Yang bikin menu satu ini nikmat yaitu terletak pada cara memasaknya, yaitu menggunakan arang, sehingga tetap menjaga tekstur daging dan rasa. Dengan membayar Rp28 ribu, kamu sudah bisa menikmati seporsi spesial tengkleng pedas kambing dan minum.

2. Tengkleng Kambing Langganan Presiden Soeharto

(NET.CJ/Fernando Fitusia)

Warga Solo pasti sudah enggak asing dengan Warung Tengkleng dan Sate Mbak Diah. Warung yang lokasinya di Jalan Ir. Soekarno No.1, Solo, ini sudah ada sejak tahun 1993 dan ramai dikunjungi penikmat kambing.

Menu spesial dari tempat ini adalah menu sumsum kambing, yang terasa gurih dikombinasikan dengan kuah dari tengkleng. Uenaaak pol! Pelanggan dari Warung Tengkleng dan Sate mbak Diah ini beragam loh.

Mulai drumer band Ungu, komedian Cak Lontong, pesepakbola Bambang Pamungkas, hingga Presiden Soeharto yang sering meminta Tengkleng Mbak Diah diantarkan ke Jakarta setiap Kamis. Harganya pun cukup terjangkau.

Satu porsi Tengkleng Mbak Diah ini dihargai Rp30 ribu dan untuk menu sumsum kambing kamu hanya perlu membayar Rp35 ribu. Sementara yang ingin nyobain menu spesial komplit, kamu cukup merogoh kocek seharga Rp90 ribu. Itu sudah mendapat kaki, pipi, lidah, telinga dan tulang kambing.

3. Tengkleng Gajah

(NET.CJ/Bayu Setiawan)

Apa yang ada di pikiran kamu mendengar kata Tengkleng Gajah? Tenang aja, menu tengkleng yang berada di Kawasan Bulurejo, Tirtomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, terkenal dengan sebutan Tengkleng Gajah karena porsinya yang buesaaar alias jumbo.

Ada 5 varian tengkleng yang bisa kamu pilih, mulai dari Tengkleng Gajah Original, Tengkleng Gajah Bumbu Tongseng, Tengkleng Gajah Goreng Rica Rica, Tengkleng Gajah Sambal Bawang, dan Tengkleng Gajah Kuah Gule.

Daging kambing yang jadi bahan utama tengkleng dimasak selama satu jam lebih, sehingga empuk dan mudah dilepas ketika dimakan. Bumbunya yang kaya akan rempah dijamin bikin penikmat daging kambing ketagihan!

Dengan membayar Rp37 ribu kamu sudah bisa menikmati satu porsi tengkleng. Atau bisa memilih menu paket seharga Rp47 ribu untuk mencicipi seporsi tengkleng beserta nasi dan es teh.

NET.CJ NET.CJ TRI WAHYU SUSILO | BAYU SETIAWAN | FERNANDO FITUSIA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments