hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

25 November 2019, 09:50 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Menuju akhir tahun, enggak ada salahnya kita untuk mulai mencari destinasi liburan bersama keluarga. Nah, beruntung, di Indonesia sendiri pesona alamnya sudah jangan ditanya lagi ya,  luar biasa, apalagi  air terjunnya.

Aliran air dari ketinggian biasanya mampu memberikan kesejukan dan kedamaian bagi pengunjungnya. Bahkan, menurut pakar kesehatan Miri Hwang, dengan berkunjung ke air terjun bisa berpotensi untuk meningkatkan energi lebih dari 90%.

Hal tersebut dikarenakan udara di lingkungan dekat air terjun memberikan sejumlah ion negatif 5-6 kali lipat lebih banyak, ketimbang lingkungan perkotaan. Ion negatif sendiri punya efek yang bagus bagi tubuh.

Maka jangan heran ya kalau kita berkunjung ke air terjun kita bisa merasakan perbedaan dalam tubuh seperti mengalami peningkatan fisik dan mental. Nah, karena itu, Air terjun bisa menjadi destinasi liburan akhir tahun yang pas nih!

Eits tapi, kalau bingung menentukan mana air terjun yang memiliki pesona luar biasa di Indonesia jangan khawatir, kami punya list empat air terjun yang sayang untuk dilewatkan:

1. Air Terjun Sri Gethuk

(NET.CJ/Kholid Abdulloh)

Letaknya yang berada di antara Ngarai Sungai Oya, di Desa Bleberan Kecamatan Platen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Karena lokasinya cukup masuk ke dalam, maka untuk menuju ke sana kita harus naik perahu kecil sederhana bertenaga diesel.

Saking Indahnya, Air terjun setinggi 25 meter ini sering disebut sebagai Grand Canyon nya Indonesia. Keunikannya terlihat pada airnya yang bercabang-cabang pada dua celah tebing dan di sela sela tebing karst gersang.

Menariknya, di tempat ini pengunjung tak hanya bisa menikmati air terjun atau foto-foto saja tetapi juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti rafting Sungai Oya, wow pasti seru ya!

2. Curug Nangga

(NET.CJ/Amar Fauzan)

Air terjun yang terletak di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Bayumas, Jawa Tengah. Memiliki tujuh tingkatan air terjun yang mempesona terlebih Desa Petahunan sendiri berdekatan dengan Desa Semedo yang mana banyak orang menyebutnya sebagai Negeri diatas Angin.

Nah, untuk menuju lokasi Curug Nangga ini kalian harus melalui beberapa jalan yang memang tidak seperti biasanya. Kalau kalian datang dari arah Purwokerto, langsung saja cari pangkalan ojek Cikawung yang tidak jauh dari Rumah Makan Sumber Alam Pekucen.

Tepat sebelum pangkalan ojek ini, terdapat jalan masuk menuju Desa Semedo dan Desa Petahunan. Di situlah jalan menuju air terjun, untuk menuju kesana kalian harus berjalan kaki kurang lebih 15 menit dan melewati beberapa jalan tanjakan. Tapi jangan khawatir, indahnya panorama alam yang disuguhkan membuat kamu tidak akan merasa kelelahan.

3. Air Terjun Benang Kelambu

(NET.CJ/Didin Anandi)

Selain kemegahan gunung Rinjaninya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ternyata memiliki Panorama alam lain yang mempesona yaitu Air Terjun Benang kelambu. Terletak di Kaki gunung Rinjani, tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Air Berik, Kecamatan Batukliang Utara.  

Air terjun ini tampak asri dengan pohon gambung rimbun. Menariknya air terjun tersebut keluar dari sela-sela pohon gambung dengan enam titik air. Air ini terlihat sangat tipis dan lembut, bahkan suara jatuhnya air pun tidak begitu bising.

Itulah kenapa Air terjun ini disebut sebagai Air terjun Benang Kelambu. Dari Air terjun yang mengalir inilah terbentuk kolam alami  yang menjadi tempat  mandi atau bermain pengunjung.

Biasanya pada hari libur tempat ini sangat ramai, terlebih karena ada mitos yang mengatakan bahwa jika mandi di air terjun benang kelambu bisa membuat awet muda.

4. Air Terjun Nglirip

(NET.CJ/Abdul Aziz Iswahyudi)

Bagi yang sedang ada di Tuban, Jawa Timur, air terjun ini bisa jadi pilihan destinasi nih. Dari pusat kota Tuban kamu bisa mencapai air terjun ini dengan menempuh jarak sepanjang 36 km, tepatnya di Pedukuhan Jojogan, Desa Mulyoagung, Singgahan.

Dengan Ketinggian 3 km dari lokasi, air terjun ini berasal dari beberapa sumber mata air di daerah Hutan Krawak. Airnya yang jernih dan alirannya yang cukup deras membuat area air terjun ini terasa sangat sejuk.

Menariknya di balik air terjun kita bisa juga menemukan sebuah gua yang katanya biasa digunakan sebagai tempat bersemedi. Untuk bisa masuk ke air terjun ini pengunjung hanya dikenakan biaya sekitar Rp15 ribu saja.

LARAS PUTRI | NET.CJ KHOLID ABDULLOH | NET.CJ AMAR FAUZAN | NET.CJ DIDIN ANANDI | NET.CJ ABDUL AZIZ ISWAHYUDI

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments