hero
(Google Indonesia)

EDITOR : ALBERT SUMILAT

25 November 2019, 14:26 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Aplikasi Google menjadi merupakan sebuah terobosan yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Kecanggihan Google lewat program-program yang dimiliki memudahkan penggunanya untuk memperoleh serta berbagi informasi secara efektif dan efisien. Hal ini lah yang mendorong Google untuk terus menciptakan inovasi baru di dunia digital.

Google Indonesia mengumumkan sebuah produk juga pelatihan skill baru dalam acara Google for Indonesia ke-empat di Ciputra Artpreneur Theatre, Jakarta, 20 November 2019 lalu. Langkah tersebut digunakan Google untuk membantu masyarakat Indonesia agar “maju sama-sama” dan mengoptimalkan manfaat internet terbuka.  Program pelatihan yang diluncurkan oleh Google bernama Bangkit, sebuah program yang dapat memberikan manfaat untuk melatih bakat-bakat teknologi Indonesia selama enam bulan. Program gratis tersebut akan dimulai pada Januari 2020 dan pendaftaran dibuka mulai tanggal 20 November di g.co/bangkit

(ki-ka) Catherine Hindra Sutjahyo Chief Commercial Expansion Gojek, Johnny G. Plate Menteri
Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia, Randy Jusuf Managing Director Google Indonesia, Herman
Widjaja Senior Vice President Tokopedia, dan Albert Co-Founder Traveloka dalam acara
Google for Indonesia 2019. Bekerja sama dengen Tokopedia, Gojek, dan Traveoka, Google
meluncurkan Bangkit, sebuah program pelatihan untuk membantu membangun SDM developer
yang andal.(Google Indonesia)

Program Bangkit yang didesain oleh Google ini bekerjasama dengan Gojek, Tokopedia dan Traveloka untuk melatih 300 developer yang berkualifikasi tinggi dengan keahlian machine learning. “Dengan inisiatif ini, kami mendorong developer di seluruh Indonesia untuk meningkatkan keterampilan teknis dan soft skill mereka dan, nantinya, ikut mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang dinamis

Randy juga menyebut bahwa Indonesia menjadi Negara dengan pertumbuhan ekonomi digital tercepat di dunia. Bahkan diramalkan pada 2024, potensi ekonomi digital Indonesia dapat mencapai USD 130 miliar. Dan Google ingin membantu Indonesia untuk mencapat target tersebut.

Adapun program lainnya untuk pemilik bisnis seperti Gapura Digital dan Women Will untuk entrepreneur wanita. Semua tersedia melalui platform Grow with Google di g.co/GrowIndonesia. Dari semua program tersebut Google memiliki misi yang dilakukan meliputi empat cara:

 

1Menghubungkan toko besar maupun kecil dengan pelanggan online

Google mempermudah penggunanya untuk berbelanja secara online dengan menggunakan Google Shopping yang dilengkapi dengan fitur penelusuran prediktif dan dirancang untuk aktivitas browsing. Dalam fitur tersebut terdapat tiga pilihan bahasa yaitu Indonesia, Inggris dan bahasa Jawa.

2Meningkatkan akses ke jaringan WI-FI yang cepat, gratis dan andal

Google juga meningkatkan kerjasama dengan Telkom mengenai Google Station yang akan membangun jaringan titik Wi-Fi yang cepat, gratis dan aman untuk masyarakat Indonesia yang lebih luas. “Sebagai perusahaan milik negara, Telkom ingin memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat melalui penyediaan infrastruktur dan layanan ICT terbaik”, ujar Siti Choirina, Direktur Consumer PT Telkom Indonesia.

3Melanjutkan dukungan untuk program keamanan online dan literasi media

Langkah Google memberikan keamanan untuk pengaturan privasi yang diperlukan untuk menjaga keamanan online penggunanya. Fitur Stay Safer juga dikenalkan Google dalam Google Maps untuk mempermudah perjalanan. Fitur tersebut akan memberi orang “peringatan saat menyimpang” atau tidak sesuai dengan arah tujuan.

Putri Alam, Kepala Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Google Indonesia menyatakan bahwa Google ingin menunjukkan kepada setiap orang Indonesia bagaimana cara menggunakan alat-alat kami sekaligus memberikan tips umum tentang cara menjaga keamanan di internet. “Rasa tanggung jawab menuntut kami untuk memperluasperhatian melampaui pengguna kami”, tambah Putri.

4Memperbanyak aplikasi dan layanan yang bermanfaat untuk masyarakat Indonesia

Aplikasi yang diluncurkan Google dapat dioptimalkan bagi penggunanya melalui inovasi yang bertanggung jawab dan mudah diakses.

 

Kemudahan yang didesain oleh Google, diharapkan mampu untuk digunakan dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia untuk memperlancar pekerjaan yang sedang dilakukan serta menambah pengetahuan supaya dapat bersaing secara sehat dan cerdas, menambah kualitas diri untuk menjadi lebih baik.

TIM LIPUTAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments