hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

22 November 2019, 16:40 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kalau tiket promo jalan-jalan ke luar negeri sudah berhasil didapat, waktu berangkat juga sudah tapi masih bingung mengatur keuanganya saat sampai tujuan? Tenang! Kamu enggak usah khawatir karena NETZ punya beberapa tips cara mengelola uang saat berada di luar negeri agar lebih nyaman dan aman.

1. Manfaatkan Penawaran Kartu Kredit Bebas Biaya Ekstra

Banyak bank yang sudah menawarkan kartu kredit perjalanan atau travel credit card yang dapat digunakan worldwide. Ini bisa menjadi opsi untuk traveler gunakan sebagai metode pembayaran. Tapi untuk menekan cost selama di luar negeri, cek penawaran bebas biaya ekstra.

Apalagi kalau traveler pergi ke negara pengguna Euro, ada charge sampai 3 persen setiap transaksinya. Kartu kredit perjalanan ini bisa jadi investasi, khususnya kalau traveler sering berpergian ke luar negeri.

Selain itu, biasaya juga ada promo cicilan 0 persen, fasilitas airport lounge, asuransi, serta bonus berupa poin yang bisa ditukar. Tapi cermati dulu sebelum apply, jangan ragu bertanya sampai detil dengan bank. Jangan sampai nanti pulang traveling malah pusing kepikiran cicilan.

2. Gunakan Uang Tunai dan Recehan

Sudah punya kartu kredit, tapi jangan sampai kelupaan sedia uang tunai. Saat menukar rupiah di Indonesia, usahakan uang yang di tukar dalam pecahan mulai dari yang besar sampai kecil.

Coba kalkulasi berapa banyak uang tunai yang sesuai sama itinerary. Lalu, setiap menerima kembalian jangan abaikan uang koin. Recehan ini untuk membeli makan atau minuman di vending machine, atau saat masuk toilet.

Iya, di luar negeri kencing bayar. Gunakan dompet dengan ukuran uang mata uang tujuan. Semisal euro, ukurannya berbeda dengan rupiah. Kemudian siapkan dompet atau kantong kecil untuk uang receh.

3. Pantau Kurs saat Menukar Uang

Sebelum atau sesudah sampai negara pantau pergerakan kurs beli. Manfaatkan smartphone dengan browsing atau mengunduh aplikasi kurensi internasioal. Pilih tempat penukaran yang resmi, namun jangan ragu untuk memantau gerai mana yang memberikan penawaran paling kece.

Selain itu ada juga bank dengan kartu ATM yang bisa dipakai di luar negeri. Jadi ketika melakukan penarikan, uang yang kamu tarik otomatis di-convert ke dalam kurensi negaramu berada saat itu. Tapi perhatikan, jasa ini kadang ada biaya ekstranya. Kini juga ada jasa penjualan kurs online seperti travelex. Tapi sayangnya masih hanya tersedia dalam USD.

4. Kabari Bank dan Penyedia Kartu Kredit

Untuk menghindari kartu kreditmu di-declined saat transaksi di luar negeri, kabari bankmu. Jelaskan lama perjalanan dan destinasinya. Kalau kamu lakukan ini, kartu kredit traveler tidak akan dikira sistem keamanan sebagai aksi pencurian.

5. No Tip Berlebihan

Sehabis makan di restoran atau jalan-jalan dengan jasa penduduk lokal? Kamu merasa puas dan ingin memberi tip? Ingat tip jangan berlebihan. Pastikan besaran yang kamu kasih adalah jumlah yang wajar di berikan sebagai tip. Manfaatkan uang tunai dan receh yang sudah kamu siapkan.

6. Coba Cek Perjalanan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Our itinerary for the 2 weeks . . . #itinerary #caribbeancruise #caribbeanislands #honeymoon #newlyweds

A post shared by Claire Buchan (@claire_buchan) on

Travelers’ checks sesungguhnya is so yesterday, tapi masih bisa bermanfaat. Cek perjalanan bisa jadi sumber dana darurat apabila kartu kredit hilang atau dicuri.

Ada dua jenisnya cek atas unjuk dan atas nama. Untuk cek atas unjuk bisa dicairkan di bank atau agen yang di tunjuk, sedangkan cek atas nama adalah cek yag hanya bisa dicairkan si pemilik cek.

Cek perjalanan pun hadir dalam banyak mata uang asing. Tapi sayangnya, cek perjalanan sudah tidak banyak digunakan. Jangan malas riset yang jelas sebelum membuat cek perjalanan.

7. Catat Pengeluaran

Sudah di hotel, sebelum tidur sempatkan track pengeluaranmu hari itu. Ini bertujuan agar kamu tidak over spending. Karena murah dalam euro belum tentu murah dalam rupiah. Selama perjalanan ingat, yang kamu habiskan bukan dalam rupiah ya.

Mengelola uang saat jalan jalan ke luar negeri sebenarnya sama saja dengan di dalam negeri. Perencanaan dan perhitungan bisa menolong kita selama dan sesudah perjalanan. Jadi, kapan berangkat nih?

ARIS SATYA|MONEYUNDER30

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments