hero
(DEBRASMOUSE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

7 November 2019, 07:50 WIB

AMERIKA SERIKAT

Tahukah kamu, belakangan ini semakin banyak remaja dan bahkan orang dewasa yang enggak bahagia. Mereka merasakan kesedihan yang mendalam dan tertekan.

Dilansir dari Brightside, kecenderungan yang mengkhawatirkan tersebut adalah hasil survei di kalangan anak muda, selama beberapa tahun terakhir (2005-2017) di Amerika Serikat. Menurut angka terbaru, ada peningkatan drastis gangguan mood dan tekanan psikologis pada remaja dan dewasa muda saat ini.

Menurut angka terbaru, ada peningkatan drastis gangguan mood dan tekanan psikologis pada remaja dan dewasa muda saat ini, Amerika Serikat. (NBCNEWS)

Adalah psikolog bernama JM Twenge dan timnya, dari Departemen Psikologi di Universitas San Diego State. Yang mempelajari dan menganalisis data dari Survei Nasional tentang Penggunaan Narkoba dan Kesehatan. Di mana mereka menemukan hasil penelitian yang cukup mengejutkan terkait permasalahan ini, sebagai berikut:

Terjadi peningkatan baik di kalangan remaja dan orang dewasa muda yang mengalami gangguan mood dan depresi. Sampai-sampai memiliki keinginan untuk bunuh diri. (STANDARDMEDIA)

-Terjadi peningkatan 52% di kalangan remaja (dari usia 12 hingga 17), yang mengalami gangguan mood dan depresi. Sampai-sampai memiliki keinginan untuk bunuh diri.

- Hal serupa juga tejadi pada orang dewasa muda (dari usia 18 hingga 25) yang mengalami peningkatan hingga 63%.

1Lalu, siapa yang harus disalahkan?

JM Twenge dan timnya mengklaim, ternyata permasalahan kondisi psikologi yang terjadi disebabkan oleh 2 faktor:

-Lebih banyak melakukan interaksi di dunia maya, dan bukan secara nyata bertatap muka langsung.

-Kurang tidur

Lebih banyak melakukan interaksi di dunia maya daripada bertatap muka langsung menjadi salah satu faktor penyebab sebagian remaja dan orang muda dewasa enggak bahagia, Amerika Serikat. (SOCIALNOMICS)

Ya, media sosial, beragam aplikasi pesan, dan berbagai produk dari dunia digital memengaruhi perkembangan psikologis anak-anak muda. Di fase ini sebagian besar dari mereka masih labil dalam berpikir, dan mengelola perasaan. Bahkan bisa bertindak lebih jauh dari yang kita pikirkan.

Mereka lebih banyak menghabiskan seluruh waktu luangnya untuk mengobrol dengan teman online daripada di dunia nyata. Atau menonton Youtube, yang kontennya bisa jadi memengaruhi gangguan mood dan perasaan enggak bahagia.

Keasikan ber-online ria juga membuat sulit lepas dari gadget, hingga akhirnya begadang dan kurang tidur menjadi salah satu penyebab ketidakbahagiaan. (RESMED)

Selain itu, keasikan ber-online ria juga membuat mereka sulit lepas dari gadget. Hingga akhirnya begadang sampai larut malam. Akibatnya, mereka mulai kesulitan mengatur waktu belajar, menyelesaikan tugas, apalagi bersosialisai dengan keluarga, sampai kurang tidur.

Padahal tidur sangat dibutuhkan lho, untuk mengisi kembali energi. Membantu memberikan kekuatan untuk mengerjakan tugas sekolah atau kuliah. Sehingga bisa lebih fokus di pelajaran dan dapat membuat kehidupan menjadi lebih berkualitas.

2Bagaimana sih cara menangani masalah ini?

Menjauhkan anak dari gadgetnya adalah sesuatu hal yang mustahil. Untuk itu orang tua sangat dibutuhkan di sini. Orang tua enggak bisa menutup mata dan telinga dari kenyataan. Bahwa teknologi sangat berkembang pesat dengan cepatnya.

Orang tua juga tidak boleh sibuk sendiri, curahkan waktu dan perhatian dengan anak. Dan posisikan diri sebagai sahabat bukan orang tua, akan membuat anak lebih terbuka. Sehingga tidak mencari pelarian ke gadget. (PINEREST)

Ingin anak mengurangi bermain gadget, orang tua juga harus melakukan hal yang sama. Berikan waktu dan perhatian untuk anak sebanyak mungkin.

Cobalah untuk mencari kesempatan lebih banyak untuk berinteraksi secara langsung dengan bicara dari hati ke hati. Ketika ngobrol, buatlah suasana senyaman mungkin, dan posisikan diri sebagai teman bukan orang tua. Sehingga anak akan lebih terbuka, dan tidak mencari pelarian ke gadget. 


BRIGHTSIDE| PSYCHOLOGY TODAY| NCBI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments