hero
(MENTAL FLOSS)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

5 November 2019, 15:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Dalam membangun fasilitas umum ditbutuhkan pemikiran bijak agar menciptakan keselerasan dan harmoni antar semsama. Sehingga manfaatnya akan banyak dirasakan. Baik tak hanya manusia, namun juga makhluk hidup lainnya.

 Hal-hal yang dianggap ‘remeh-temeh’ ini mungkin bagi sebagian negara tidak penting. Namun, sebenarnya dampaknya justru akan sangat luar bisa.

Misalnya membangun jembatan hijau yang khusus diperuntukan bagi spesies untuk menyebrang. Hal ini tidak hanya mementingkan kesejahteraan spesies hewan lingkungan sekitar, tetapi sesungguhnya secara tidak langsung juga dapat menjaga keselamatan keamanan lalu intas pengendara. Karena tidak harus terganggu dalam perjalanannya, ketika ada hewan liar yang menyebrang.

Dilansir dari Brightside, berikut terdapat 7 fasilitas ramah hewan dan lingkungan yang tersebar di penjuru dunia.

1Christmas Island, Australia

Di Australia terdapat lebih dari 30 underpass dan jembatan agar dapat dilalui kepiting merah untuk sampai ke pantai pada masa kawin.

2Tempat sampah daur ulang

Tempat sampah daur ulang. (BRIGHTSIDE)

Meski tidak diketahui pasti di mana lokasi tepatnya fasilitas ini dibuat, namun ide ini dapat dicontoh. Didesain untuk meletakkan barang daur ulang di bagian luar. Jadi, jika ada orang yang mengumpulkan botol, enggak perlu menggali ke dalam tempat sampah yang kotor dan berbau enggak sedap.

3Jembatan hewan di Singapura

Jembatan  khusus untuk hewan liar di Singapura agar dapat menyeberang jalan dengan aman. (BRIGHTSIDE)

Jembatan yang dilengkapi pepohonan dan rumput-rumput hijau ini  dibangun di atas jalan raya yang terletak di Singapura. Bangunan ini dibuat khusus untuk hewan liar agar dapat menyeberang jalan dengan aman.

Jembatan margasatwa sepanjang 62 meter ini melintasi Bukit Timah Expressway. Yang menghubungkan Cagar Alam Bukit Timah dengan Cagar Alam Central Catchment.

 

 

4Underpass untuk penyu

Underpass untuk penyu di Jepang. (BRIGHTSIDE)

Terowongan penyu di bawah rel kereta api ini dibangun di Jepang. Untuk dapat memenimalisir keterlambatan kereta dan menyelamatkan kura-kura dari cedera.

5Hidran multifungsi

Hidran multifungsi, tak hanya untuk memadamkan kebaran tapi juga untuk dijadikan tempat untuk minum bagi hewan-hewan di jalan. (BRIGHTSIDE)

Kita ketahui hidran merupkanalat yang dilengkapi dengan slang dan mulut pancar untuk mengalirkan air bertekanan yang digunakan untuk memadamkan kebakaran. Namun di sini alat ini tidak hanya digunakan saat sang jago merah mengamuk. Melainkan juga berfungsi sebagai sumber air minum untuk hewan-hewan liar di jalan.

 

6Jembatan untuk hewan

Jembatan untuk hewan di Belanda yang disebut dengan ecoducts. (BRIGHTSIDE)

Di Belanda juga terdapat bangunan yang memikirkan keberlangsungan makhluk hidup lainnya. Pemerintahnya membangun jembatan untuk hewan yang disebut ecoducts.

7Jembatan tali di Australia

Burung Kakaktua tertangkap kamera CCTV sedang bertengger di jembatan tali khusus untuk tupai dan hewan-hewan lainnya menyebarang, Australia. (BRIGHTSIDE)

Tidak hanya untuk kepiting, di Australia juga terdapat jembatan yang diperuntukan untuk hewan lainnya. Yakni jembatan yang terbuat dari tali untuk tupai. Sering kali burung-burung tertengger di atasnya, dan lucunya hewan terbang itu kerap tertangkap kamera CCTV sedang melihat kamera sambil berpose. 

BRIGHTSIDE| NEWSMOBILE

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments