hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

23 Oktober 2019, 19:15 WIB

INDONESIA

Menurut penelitian, wanita di AS rata-rata menangis sekitar 3 kali perbulan, sementara pria meneteskan air mata sekitar 1 kali sebulan. Banyak orang beranggapan bahwa menangis adalah tanda kelemahan. Jika kamu merasa perlu menangis, sebaiknya jangan di tahan karena menangis mempunyai efek untuk kesehatan. Dikutip dari Brightside pada Rabu (23/10/2019) inilah lima masalah kesehatan yang bisa teratasi saat menangis:

 

1. Tekanan Darah

Menangis bisa menurunkan tekanan darah kamu. (BRIGHTSIDE)

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, demensia, bahkan gagal ginjal. Beberapa penelitian menyatakan menangis bisa menurunkan tekanan darah dan membuatnya tetap terkendali.

2. Stres

Menangus meredakan stres. (BRIGHTSIDE)

Sebuah studi tahun 2014 menemukan, menangis dapat membantu orang lebih rileks selama masa-masa stres. Mungkin tidak secara langsung, dan membutuhkan beberapa menit untuk tubuh mulai rileks setelah menangis. Menurut para peneliti, menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis atau saraf PNS. Dan saat diaktifkan, saraf tersebut bisa memberi efek menenangkan pada otak.

3. Akumulasi Racun

Air mata yang mengalir saat menangis dapat membersihkan mata dari kotoran yang berasal dari asap dan debu. Juga, ketika kita menangis, air mata kita membuang racun yang menumpuk di dalam tubuh karena stres. Penghapusan racun ini membantu mengurangi kadar kortisol dalam tubuh, sehingga menghasilkan suasana hati yang lebih ringan.

4. Perubahan Suasana Hati

Atasi mood swing dengan menangis. (BRIGHTSIDE)

Jika kamu merasa perilaku menjadi agresif, sering merasa cemas atau jengkel, maka kamu sedang berada di dalam perubahan suasana hati. Perubahan suasana hati dapat terjadi karena berbagai alasan. Salah satu alasannya adalah akumulasi logam (mangan) dalam tubuh.

Ketika kita menangis, kelebihan mangan ini mengalir keluar dari tubuh bersamaan dengan tetesan air mata kita. Ini mengurangi konsentrasinya dalam tubuh, dan, sebagai hasilnya, membuat kita merasa tenang dan fokus.

5. Rasa Sakit

Ketika kita merasakan sakit pada fisik, beberapa tetesan air mata sering mengalir tanpa sadar. Ini adalah cara tubuh untuk mengurangi sensasi rasa sakit. Penelitian telah menemukan bahwa selain menenangkan diri, mengeluarkan air mata emosional dapat melepaskan oksitosin dan endorfin. Zat kimia ini membuat orang merasa baik dan juga dapat meringankan rasa sakit fisik dan emosional.

BRIGHT SIDE

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments