hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

21 Oktober 2019, 15:00 WIB

INDONESIA

Bau mulut merupakan masalah yang serius. Hal ini tidak hanya meninggalkan rasa tidak enak di mulut, tetapi juga membuat rasa percaya diri menjadi berkurang. Masalah ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satu penyebab munculnya nafas yang bau adalah saluran pencernaan yang kotor.

Oleh karena itu, salah satu cara menghilangkan bau mulut adalah dengan memilih makanan yang sehat dan bersih serta menjaga kebersihan mulut dan gigi. Berikut adalah makanan yang dapat menghilangkan bau mulut yang berasal dari pencernaan.

 

 

 

1. Mengunyah wortel, seledri, dan apel.

Makanan berserat tinggi membantu basmi bau mulut.

Ketiga makanan ini mempunyai serat tinggi yang dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan menjaga pencernaan agar tetap sehat. Makan buah dan sayur sangat efektif untuk menghilangkan penyebab bau di rongga mulut dan juga dapat membersihkan bakteri yang terdapat di lidah, gigi, dan gusi.

2. Konsumsi banyak sayur

Yuks, perbanyak makan sayuran hijau. 

Bau mulut bisa disebabkan oleh gejala refluks asam atau gangguan pencernaan lainnya. Masalah-masalah ini jarang terjadi jika sistem kekebalan tubuh kuat, memakan banyak sayuran adalah solusi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Zat hijau daun, klorofil, ternyata dapat menjadi deodoran alami di dalam perut yang mampu menetralkan bau tak sedap dan membuangnya dari sistem pencernaan.

3. Makan garnish di akhir sesi

Garnish pada makanan memiliki fungsi menetralisir bau.

Hiasan makanan seperti mint dapat membantu menghilangkan gangguan pencernaan yang menyebabkan bau mulut. Contohnya adalah daun mint, peterseli, dan daun ketumbar. Kunyahlah setelah selesai makan untuk menetralisir bau apa pun yang mungkin disebabkan makanan utama.

4. Yogurt rendah gula

Sering konsumsi yogurt rendah gula.

Bakteri baik yang ada dalam yogurt membantu pencernaan, terutama pencernaan produk susu. Ini menjaga sistem pencernaan tetap sehat, sehingga mengurangi bau mulut.  Saat membeli yogurt, pastikan memilih yang kandungan gulanya sedikit.

5. Buah ceri

Buah ceri untuk menangkal bau mulut.

Methanethiol, senyawa berbau busuk yang sering bertanggung jawab atas bau mulut yang buruk. Makan ceri telah terbukti menjadi penangkal yang efektif untuk melawan aroma ini.

6. Teh hijau

Teh hijau bantu atasi bakteri di mulut.

Minum teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan yang berguna untuk meningkatkan fungsi otak dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Teh hijau juga mengandung antioksidan alami yang membantu melawan bakteri di mulut penyebab bau mulut.

7. Buah jeruk

Jeruk juga melawan bakteri penyebab bau mulut. 

Asam sitrat dalam buah jeruk membuat kondisi yang tidak sesuai untuk pertumbuhan bakteri di mulut dan saluran pencernaan. Ini adalah bakteri yang menyebabkan bau busuk di mulut. Karena itu, tidak ada bakteri berarti tidak ada bau.

8. Teh jahe dan lemon

Teh jahe dan lemon juga ampuh mengusir bau mulut.

Jahe memiliki banyak khasiat obat. Membantu juga dalam program diet dan dapat mengobati sakit perut yang dapat menyebabkan pengeluaran bau busuk dari mulut. Bahkan jika seseorag tidak suka teh, mungkin bisa berkumur menggunakan ini. Jahe akan membantu menutupi bau dan asam sitrat dalam lemon akan membuat bakteri sulit tumbuh.

9. Air mineral

Jaga agar tubuh tidak dehidrasi agar jauh dari bau mulut.

Menjaga mulut agar tetap terhidrasi adalah hal yang penting, karena dapat mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Air putih juga penting untuk proses metabolisme yang lain.

BRIGHT SIDE

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments