hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

7 Oktober 2019, 19:30 WIB

INDONESIA

Setiap manusia pasti akan menjadi tua, itu adalah hal yang sangat wajar dan alami. Namun, jangan sampai mengalami penuaan dini, ya! Apa saja sih tanda-tanda tubuh mengalami penuaan dini? Di antaranya yang paling kelihatan adalah keriput pada kulit. Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kulit dari penuaan dini.

1. Sering mengonsumsi blueberi

Blueberi kaya antioksidan. (BRIGHTSIDE)

Kita menua dan kulit akan menjadi kendur karena proses yang disebut kerusakan DNA oksidatif. Untuk memperlambat proses tersebut, konsumsi buah blueberi secara teratur karena di dalamnya terdapat beberapa vitamin yang membantu melawan proses penuaan serta kaya antioksidan.

2. Kurangi konsumsi gula

Kurangi asupan gula kamu. (BRIGHTSIDE)

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi banyak gula dapat mempercepat proses penuaan dalam tubuh manusia dan menjadi penyebab utama dari lingkaran hitam dibawah mata, dehidrasi kulit serta kerutan pada wajah. Untuk melawan penuaan, para ahli menyarankan agar membatasi asupan gula dan menghindari makanan serta minuman manis.

3. Jangan tidur tengkurap

Biasakan tidur terlentang. (BRIGHTSIDE)

Jika kamu lebih suka tidur tengkurap dengan wajah di bantal, segera ubah kebiasaan tersebut. Menurut penelitian dan para ahli, tidur dengan wajah menghadap bantal menyebabkan kerutan. Untuk mencegahnya, latih diri untuk tidur terlentang agar terhindar dari tanda-tanda awal penuaan.

4. Jaga kadar kalsium agar tetap stabil

Jaga kadar kalsium kamu, ya. (BRIGHTSIDE)

Mengonsumsi banyak kalsium sangat baik untuk tulang, tetapi tidak banyak yang menyadari bahwa kalsium memainkan peran penting lainnya, yaitu melindungi kita dari penuaan dini. Selain memiliki manfaat baik untuk menutrisi tubuh, kadar kalsium yang cukup juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dan membuat struktur tulang menjadi lebih kuat.

5. Konsumsi teh hijau

Rutin konsumsi teh hijau. (BRIGHTSIDE)

Teh hijau dapat merawat tubuh dari luar dan dalam karena kaya akan antioksidan. Minuman ini dapat memperbaiki sel-sel kulit sehingga membuat kulit terlihat lebih muda. Teh hijau juga dapat menenangkan kemerahan dan iritasi pada kulit karena terdapat sifat anti inflamasi di dalamnya. Mengkonsumsi teh hijau secara teratur akan membuat kulit anda kencang dan sehat sehingga dapat memperlambat proses penuaan. Kamu juga dapat menggunakan kantong teh hijau bekas di mata selama beberapa menit untuk menghindari lingkaran hitam dan pembengkakan.

6. Jangan mandi terlalu lama

Mandi sebentar saja, ya. (BRIGHTSIDE)

Untuk mencegah penuaan, jangan mandi terlalu lama. Penelitian menemukan bahwa mandi dalam waktu panjang dapat membuat kulit menjadi kering dan rusak. Tidak hanya itu, tetapi juga mengarah pada tanda-tanda penuaan seperti keriput dan kulit yang kendur.

7. Berlindung dari sinar matahari

Gunakan tabir surya selalu. (BRIGHTSIDE)

Matahari menjadi peran utama dalam mempercepat penuaan. Paparan sinar matahari akan menyebabkan kulit terlihat kusam, muncul vlek hitam, bahkan kerutan di kulit. Wajah pun akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Untuk mencegah hal tersebut, selalu gunakan  tabir surya atau sunblock di wajah dan badan dengan kadar SPF 35 atau lebih untuk iklim di Indonesia.

8. Meditasi dan hindari stress

Hindari stress. (BRIGHTSIDE)

Terlalu banyak berpikir dan cemas dapat menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan proses penuaan dini. Cobalah untuk tidak membiarkan hal-hal yang dapat mengganggu terlalu banyak, jika ada masalah lebih baik langsung mengatakannya dari pada di pendam sendiri. Jika terlalu stress, lakukan meditasi untuk membantu mengendurkan saraf dan melepaskan hormon bahagia sehingga membuat tubuh terasa lebih segar. Ini adalah cara termurah untuk mencegah proses penuaan.

BRIGHT SIDE

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments