hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

1 Oktober 2019, 17:10 WIB

TANGERANG SELATAN, INDONESIA

Super K-Pop Festival Indonesia 2019 yang digadang-gadang menjadi acara festival terbesar di Indonesia digelar akhir pekan lalu, yaitu pada 28 & 29 September. Festival ini meninggalkan kesan tersendiri bagi para pengunjung. Ada 11 idola yang hadir berhasil membuat para penonton terpukau dan puas. Namun, sayang ada beberapa hal yang mengecewakan para penonton, terutama di penyelenggaraan hari pertama. NET.Z merangkumnya, dan inilah 8 hal yang enggak akan terlupakan dari Super K-Pop Festival Indonesia 2019:

 

1. K-Noraebang yang mengobati kekesalan penonton

Di hari pertama, pintu masuk dibuka terlambat dari waktu yang sudah dijadwalkan. Seharusnya dibuka pada pukul 10.00 WIB, pintu baru dibuka sekitar pukul 13.00 WIB. Tak sedikit para pengunjung yang sudah menunggu merasa kesal.

Tapi kekesalan ini sirna begitu Fiday Noraebang! memandu acara di dalam hall festival.

K-Noraebang. (NET/ Wisnu Adi)

Pengunjung pun semangat menyanyikan lagu idola mereka selama kurang lebih 45 menit, baik di hari pertama maupun hari kedua. Lagu-lagu yang dibawakan di antaranya adalah Fancy TWICE, Fantastic Baby BIGBANG, I’m So Sick Apink dan Mr. Simple Super Junior. Benar-benar bikin mood semua yang hadir jadi lebih baik.

2. Random play dance yang seru banget

Enggak dikasih kendor, selesai berkaraoke play random dance menyambut para pengunjung. Tentunya mereka yang pandai menari langsung menunjukkan kebolehan mereka. Hari pertama pengunjung dipandu oleh Forever Dance Cover. Mereka menarikan beberapa lagu dari idol yang tampil pada malam harinya, salah satunya Apink.

Pada hari kedua, random play dance ini jadi makin meriah karena kehadiran Gotoe, Youtuber asal Korea Selatan yang sering banget bikin video RPD di berbagai negara.

3. Penampilan memukau para idol

Salah satu yang menyedot perhatian para penggemar K-Pop tanah air adalah 11 idol yang tampil di SKF Indonesia 2019. Dan tentu saja tak perlu lagi diragukan kualitas penampilan mereka. Meski hari pertama sedikit memberikan kesan yang kurang baik bagi para pengunjung maupun awak media, tapi semua terbayarkan saat melihat para idol kece ini.

Tiffany Young maju ke lidah panggung. (NET/ Rebecca Tumbel)

Mereka pun tidak segan untuk menyapa penonton dari berbagai penjuru. Mereka maju ke lidah panggung agar penonton di belakang bisa merasa lebih dekat dengan mereka. 

4. Super Junior bocorkan comeback

Para anggota Super Junior memanfaatkan momen SKF Indonesia 2019 ini untuk memberikan kabar bahagia buat para ELF nih. Awalnya para penggemar dikejutkan dengan penampilan baru Kyuhyun. Yup, Kyuhyun terlihat berbeda dengan rambut warna pink miliknya. Ternyata Super Junior sedang menyiapkan album terbaru, makanya Kyuhyun ganti warna rambut. Kyuhyun pun bilang bahwa penggemar Indonesia yang pertama kali melihat warna baru rambutnya.

Kyuhyun dengan rambut barunya. (NET/ Rebecca Tumbel)
D & E tampil memukau dan ikut bocorkan comeback. (NET/ Halimah Tusadiah)

Berbeda dengan Kyuhyun, Eunhyuk justru menutupi rambutnya rapat-rapat. Ia tidak membiarkan para penggemar tahu warna dan model rambutnya saat ini. Katanya kejutan untuk comeback nanti.

5. Lucunya The Boyz, Fromis_9 dan MOMOLAND Saat Menyapa Media

Di hari kedua, media diberi kesempatan untuk menghadiri konferensi pers bersama MOMOLAND, Fromis_9, Gotoe, dan The Boyz. Di konferensi pers ini NET.Z mendapat kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada MOMOLAND dan The Boyz.

Saat ditanya konsep seperti apa yang ingin dicoba MOMOLAND di comeback berikutnya, Nancy menjawab dengan imut bahwa dia ingin mencoba konsep imut sekaligus seksi. Mereka juga senang bisa bertemu para penggemar untuk pertama kalinya.

Manisnya Nancy MOMOLAND saat menjawab pertanyaan media. (NET/ Wisnu Adi)

Sedangkan para anggota The Boyz unjuk kebolehan mereka berbahasa Indonesia ketika tim NET.Z bertanya kata Bahasa Indonesia apa saja yang sudah mereka pelajari. Kevin mengatakan, “Zheyeng. Kalian semua gemay”.

Senangnya The Boyz belajar bahasa Indonesia. (NET/ Wisnu Adi)

Haknyeon sempat membuat bingung awak media ketika mengucapkan kata “salamapo”. Para media yang hadir pun sempat berpikir kalimat apa yang dimaksud. Ternyata yang dimaksud adalah “Assalamualaikum”. Keluguan Haknyeon membuat semua awak media tertawa saking gemasnya.

6. Terlambatnya acara di hari pertama

Di balik kecenya penampilan para idol di SKF Indonesia 2019, ada beberapa hal yang sangat mengecewakan penonton. Pintu masuk yang seharusnya sudah dibuka pada pukul 10.00 WIB, baru dibuka sekitar pukul 13.00 WIB. Akibatnya semua rangkaian acara jadi terlambat dimulai, termasuk acara utama konser. Para penggemar harus menunggu lama untuk masuk ke venue konser.

Seharusnya konser dimulai pukul 18.30 WIB, namun banyak penggemar yang masih berada di holding area hingga pukul 19.00 WIB. Bahkan ketika konser dimulai pun para penggemar masih banyak yang di luar. Ini menyebabkan para penggemar panik, apalagi pembuka di hari itu adalah NU’EST.

Gara-gara hal ini NU’EST dan Apink yang seharusnya membawakan 6 lagu jadinya hanya membawakan 4 lagu. Karena keduanya harus segera pulang ke Korea Selatan pada malam itu juga.  Hal ini membuat para penggemar kecewa, salah satunya Emy Noermanda. Emi merupakan penggemar berat NU’EST. Setelah menonton konser NU’EST beberapa waktu lalu ia rela membeli tiket SKF Indonesia demi bisa menonton penampilan NU’EST. Namun sayang dia harus menelan pil pahit.

NU'EST mengungkapkan kesedihannya tak bisa lama menyapa fans. (NET/ Halimah Tusadiah)

Emy menjelaskan, “Belakangan baru tahu kalau seharusnya NU’EST tampil 5/6 lagu tapi jadi cuma 4 lagu dan perform di opening karena mengejar flight pulang ke Korea. Di sini, aku merasa fans NU’EST yang paling dirugikan. Banyak L.O.Λ.E di section green cuma kebagian satu lagu NU’EST. Di antaranya udah nangis duluan sebelum masuk venue. Habis NU’EST perform mereka pulang saking kecewanya.” Tak hanya itu, Emy juga bercerita bahwa ia merasa apa yang diterima tak sepadan dengan harga tiket yang harus dibayarkan. “Dengan harga tiket yang mahal, harusnya kita bisa nonton dengan nyaman. Tapi dari sebelum masuk venue desak-desakan, lari-larian, gara-gara udah mulai duluan sebelum penonton semua masuk,” jelasnya.

7. Fans corner yang mengecewakan

Sebelumnya pihak penyelenggara mengatakan akan membuka fans corner. Di booth ini para penggemar bisa menghias booth dan juga menuliskan pesan bagi para idolanya. Tak hanya itu, para penggemar pun bisa menitipkan hadiah bagi idolanya masing-masing.

Namun, kenyataannya saat di lokasi pihak panitia yang bertugas merasa tidak diinfokan bahwa mereka menerima hadiah. Alhasil hadiah yang sudah dikumpulkan oleh para penggemar harus dibawa pulang kembali. Ini membuat para penggemar sangat kecewa. Hal ini pun diungkapkan penggemar Ha Sung Woon di Twitter.

8. Koordinasi yang simpang siur

Koordinasi simpang siur ini tidak hanya terjadi di area fans corner, tapi juga terjadi hampir di semua lini. Soal info susunan acara pun akhirnya tidak jelas, begitupun dengan holding area. Panitia yang bertugas memang tersebar hampir di semua lini, tapi mereka kebanyakan tidak tahu mengenai beberapa info.

Media pun tidak luput dari koordinasi yang kurang tertata rapi ini. Hingga malam sebelumnya, pihak media hanya diberitahu jika kamera profesional tidak boleh masuk di area konser. Bukan di area festival. Namun, pada hari H media dengan kamera profesional awalnya tidak diperbolehkan masuk. Bahkan sempat tidak diperbolehkan meliput, hingga media yang hadir harus hilir mudik mencari info dan kebijakan yang pasti. Hingga akhirnya kami bisa masuk membawa kamera profesional ke lokasi festival.

Penampilan MOMOLAND di hari kedua SKF 2019. (NET/ Halimah Tusadiah)

Beruntungnya koordinasi yang kurang rapi ini hanya terjadi di hari pertama festival. Hari kedua lebih tertata rapi di semua aspek. Antrean pengunjung lebih rapi, koordinasi dengan media pun lebih jelas.

Terlepas dari beberapa masalah koordinasi dan teknis yang kurang baik, acara Super K-Pop Festival Indonesia 2019 ini merupakan acara yang menarik. Bisa memfasilitasi para penggemar, terutama mereka yang multi fandom untuk bisa bertemu dengan idola mereka. Semoga acara seperti ini masih akan digelar di Indonesia, tentunya dengan persiapan yang lebih matang, koordinasi yang lebih baik, pelayanan yang lebih ramah, dan juga harga yang lebih bersahabat.

NET.Z| HALIMAH TUSADIAH     

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments