hero
(Brightside)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

24 September 2019, 09:25 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Buang air besar yang tidak lancar atau sembelit mungkin terdengar seperti masalah sepele, namun nyatanya jika terus dibiarkan akan mengganggu kondisi kesehatan karena menyebabkan penyakit yang lebih serius. Bagaimana cara mengatasinya? Sebelum mengonsumsi obat-obatan, lebih baik mencoba cara alami terlebih dahulu. Berikut beberapa cara mudah mengatasi sembelit secara alami yang kami kutip dari Brightside pada Selasa, 24 September 2019.

1. Teh, Lemon dan Madu

(Brightside)

Buatlah teh hangat dan campurkan lemon serta madu secukupnya. Madu berfungsi sebagai pengganti obat pencahar dan gula. Sedangkan lemon bertindak sebagai stimulan alami untuk sistem pencernaan yang membantu untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh.

2. Minum Banyak Air

(Brightside)

Pria harus minum setidaknya 3,7 liter air sedangkan wanita 2,7 liter air per hari. Karena kotoran yang keras dan kering adalah penyebab umum dari sembelit. Air mineral, jus pir dan jus apel sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari agar melancarkan  buang air besar. Hindari minuman berkafein dan soda karena menyebabkan diuretik yang mengakibatkan tubuh menjadi dehidrasi.

3. Makan Makanan Berserat

(Brightside)

Disarankan untuk makan setidaknya 20-35 gram serat per harinya. Contoh sumber makanan yang kaya serat adalah kubis atau kol, apel, dan kacang-kacangan.

4. Konsumsi Buah Plum

(Brightside)

Plum juga banyak mengandung serat dan juga gula sorbitol yang berfungsi untuk meredakan sembelit secara alami. Biasanya, sembelit akan mereda 2 jam setelah mengonsumsi buah plum. Makan buah secukupnya dan jangan berlebihan.

5. Makan Yogurt

(Brightside)

Jangan konsumsi semua produk susu kecuali yogurt. Sebab yogurt mengandung probiotik seperti Bifidobacterium longum atau Bifidobacterium animals yang dapat membantu mengeluarkan sisa makanan di usus besar.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments