hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

14 Agustus 2019, 18:30 WIB

INDONESIA

Memperkuat sistem kekebalan tubuh, membersihkan liver, hingga mencegah kanker, adalah beberapa dari manfaat mengonsumsi campuran kunyit dan susu. Resepnya sederhana, campurkan setengah sendok bubuk kunyit pada secangkir susu dan minumlah di malam hari, sebelum tidur. Kalau kamu rutin mengonsumsinya setiap hari, ada 9 manfaat yang bisa kamu rasakan!

 

1. Mendetoksifikasi liver

Detoksifikasi liver kamu dengan racikan susu kunyit. (BRIGHTSIDE)

Kunyit memang telah terbukti dapat mendetoks liver karena kunyit mempunyai enzim aktif yang bertanggung jawab untuk membuang racun dan membantu regenerasi sel-sel liver yang rusak. Fungsi kantung empedu juga akan meningkat.

2. Meminimalisir peradangan

Meminimalisir peradangan pada tubuh. (BRIGHTSIDE)

Kunyit juga manjur mengatasi aneka radang karena mengandung komponen anti-inflamasi. Setelah minum segelas susu kunyit, kurkumin yang hadir dalam minuman itu akan memblokir enzim yang menyebabkan radang, dan dapat mengurangi jumlah pembengkakan pada tubuhmu.

3. Menjauhkan bakteri, virus dan jamur

Penelitian telah menunjukkan kunyit memiliki sifat antibiotik yang dapat memerangi bakteri, virus, dan jamur.  Kandungan kurkumin pada kunyit juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semakin kuat pertahanan tubuh terhadap penyakit, semakin susah celah bagi virus, bakteri, atau jamur untuk menimbulkan infeksi lebih parah, sehingga tubuh jadi lebih cepat pulih.

4. Mencegah kanker

Turmerik memiliki sifat anti oksidan. Dari hasil penelitian, turmerik ampuh mengurangi zat radikal bebas penyebab kanker. Tak hanya mencegah, turmerik juga bisa melawannya.

5. Membantu berat badan turun

Kunyit tidak hanya meningkatkan metabolisme tubuh kamu, tetapi juga membantu tubuhmu untuk mencerna lemak lebih cepat.

6. Memperkuat jantung

Minum susu kunyit setiap malam dapat membantu mengurangi segala risiko masalah jantung karena kunyit akan menahan pelepasan sitokin dalam tubuh. Sitokin adalah zat yang berhubungan dengan peradangan dan penyakit kardiovaskular.

7. Bagus untuk kesehatan otak

Susu kunyit bagus untuk kesehatan otak. (BRIGHTSIDE)

Studi menunjukkan bahwa kurkumin dapat meningkatkan kadar brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF adalah senyawa yang berperan dalam pembentukan sel-sel baru di otak. Tingkat BDNF yang rendah sering kali dikaitkan dengan berbagai gangguan otak, salah satunya penyakit Alzheimer.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kurkumin yang ditemukan dalam kunyit akan mengaktifkan bahan kimia dalam tubuh kamu seperti sel T, sel B, dan sel pembunuh bakteri alami. Sistem kekebalan tubuh akan mendapatkan kekuatan lebih dan dapat menyerang benda asing secara cepat.

9. Memperkuat tulang

Susu kunyit untuk mencegah keropos pada tulang. (BRIGHTSIDE)

Kunyit akan mencegah keropos tulang di tubuhmu hingga 50%. Selain itu, susu yang kaya kalsium, vitamin D, diracik dengan setengah sendok teh kunyit berfungsi sebagai tonik yang efektif untuk tulang.

BRIGHTSIDE

13

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments