Keindahan Danau Toba di Sumatera Utara, tersohor kemana-mana. Kalau dulu, untuk mencapai lokasi wisata kece ini harus naik pesawat lewat Medan, lalu jalan darat selama 6 jam, sekarang kamu bisa naik pesawat dari Medan, Jakarta atau Batam hingga bandara Silangit. Dari bandara Silangit, hanya butuh waktu tak sampai 1 jam, kamu sudah sampai di Danau Toba.

Nah, kemudahan akses ini diharapkan memicu perkembangan Eco-tourism di Danau Toba. Apalagi, pemerintah sudah menata lingkungan dan alam di sini agar turis nyaman beraktivitas. Seiring dengan makin berkembangnya pariwisata di Danau Toba, deretan penginapan sejenis homestay juga bermunculan. Ini dia beberapa referensinya untuk kamu!

1. Bagus Bay

Bagus Bay. 

Bagus Bay adalah homestay berukuran kecil, simpel namun tetap nyaman dan menawarkan pemandangan kece Danau Toba. Ada beberapa jenis kamar yang bisa kamu pilih, sebaiknya kamu cek dulu sebelum menginap di sini. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan, seperti berenang, main kanu, trekking hingga berjemur!

2. Liberta

Liberta Homestay.

Homestay ini memiliki bentuk bangunan rumah tradisional yang dijamin akan membuat pengalaman menginap kamu lebih berkesan. Kamu juga akan disambut keramahan sang pemilik dan keluarganya. Kalau kamu ingin ke Pulau Samosir, di sini ada fasilitas sewa motor.

3. Zoes

Zoes Homestay.

Kalau kamu ingin merasakan keramahan dan suasana rumah Batak khas Desa Tuk Tuk di Pulau Samosir, inilah tempat menginap yang paling pas, Zoes homestay. Kamu bisa menikmati keindahan perairan yang jaraknya sangat dekat dengan lokasi menginap. Kamu juga bisa bersantai di hammock-nya.

4. Horas Family

Kamu bisa sewa bentor untuk berjalan-jalan.

Horas! Inilah sapaan khas orang Batak yang mengekspresikan rasa senang dan rasa terima kasih. Makna lebih dalamnya adalah berharap orang yang disapa mendapatkan berkah melalui kebaikan. Nah, salam ini diucapkan ketika bertemu seseorang atau ketika pamit. Horas biasanya diucapkan dengan nada gembira disertai senyum tulus yang membuat kamu merasa di rumah.

Filosofi Horas inilah yang menjadi pegangan Horas Family homestay. Selain kamar untuk menginap, tempat ini juga punya kebun organik yang berisi tanaman sayur serta buah.

5. Tuk Tuk Timbul Bungalows

Tuk Tuk Timbul Bungalows.

Satu lagi homestay yang ada di Desa Tuk Tuk, Pulau Samosir, Tuk Tuk Timbul Bungalows. Terdiri dari beberapa bungalow bergaya Batak Bolon, penginapan ini menawarkan kamar yang luas, kasur yang nyaman dan teras. Layanan sewa motor dan laundri juga tersedia.

6. Lake Toba Cats Garden

Lake Toba Cats Garden.

Di sini kamu bisa menikmati indahnya alam, sapaan penduduk setempat yang ramah, serta lucunya hewan-hewan.  Terletak di lingkungan yang tenang tak jauh dari pusat kota Tuk Tuk, kamu bisa belajar kearifan lokal di homestay ini!

Nah, untuk kamu-kamu yang sedang merencanakan liburan dalam negeri dengan pemandangan yang enggak kalah indah dengan luar negeri, Danau Toba bisa jadi pilihan. Aneka referensi tempat menginap di atas bisa jadi pilihan.

INDONESIA TRAVEL | WONDERFUL INDONESIA

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments