hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

16 Juli 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Buat kamu pecinta sneakers pasti merawat sepatu sudah menjadi kebiasaan dan hal yang wajib dilakukan. Tapi bagi sebagian orang kegiatan membersihkan atau mencuci sepatu ini sepertinya merepotkan dan menyita banyak waktu. Maka dari itu banyak dari kita yang lebih memilih jasa pencucian sepatu yang cenderung membutuhkan banyak biaya.

Tapi sebenarnya banyak loh cara untuk kita membersihkan sepatu dengan mudah dan juga murah, nah berikut adalah beberapa tips merawat sepatu yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

 

1. Gunakan Tisu Antibakteri untuk Membersihkan Sepatu Anda

Gunakan tisu antibakteri. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu punya sepatu kulit, kamu bisa saja mencucinya dengan tangan tapi kamu harus sangat hati-hati. Setelah mencuci bagian solnya, kamu bisa memakai tisu antibakteri.

Dengan menggunakan tisu antibakteri kamu bisa membersihkan hingga ke setiap celah sepatu. Selain itu kamu sepatu kamu juga akan semakin terhindar dari kuman.

2. Coba Gunakan Soda Kue untuk Membuat Sepatu Kembali Putih

Kalau kamu penyuka sepatu berwarna putih, kamu pasti sering berpikir dua kali untuk menggunakannya keluar karena biasanya warna sepatu yang mulai berubah ketika dipakai beberapa kali. Tenang, sekarang kamu cukup menggunakan soda kue untuk mengembalikan seperti semula warna putih sepatu kamu.

Hasilnya jadi bersih banget, kan? (BRIGHTSIDE)

Caranya kamu cukup mencampur 2 sdm soda kue dan 1 sdm air lalu gosokan campuran tersebut ke sepatu kamu dengan sikat gigi. Setelah itu diamkan selama 30 menit, tetapi kalau mau hasil yang lebih putih kamu bisa mendiamkannya sedikit lebih lama. Setelah itu kamu bisa membilasnya dengan air dan kamu akan melihat sepatumu kembali putih bersih.

Trik menggunakan soda kue ini juga bisa kamu gunakan untuk mengembalikan warna sol sepatu yang putih. Caranya cukup mencampurkan 1 sdm air panas, 1 sdm soda kue dengan 1 sdm cuka putih. Lalu gosok sol sepatu dengan campuran ini menggunakan sikat gigi dan diamkan selama 15-30 menit.

3. Pakai Tisu Toilet untuk Mengeringkan Sepatu

Biasanya setelah mencuci sepatu kamu mengalami kesulitan untuk mengeringkannya tanpa menyisakan noda kekuningan. Kamu bisa menggunakan kertas koran untuk menghindari noda kuning tapi kalau kamu takut justru akan meninggalkan bekas tinta, tisu toilet juga bisa dijadikan alternatif untuk mengeringkan sepatu.

Tisu toilet juga bisa dipakai untuk membersihkan sepatu dan menjaga bentuknya. (BRIGHTSIDE)

Apalagi tisu toilet tidak akan meninggalkan bekas apapun. Selain itu, bentuk sepatu juga akan lebih mudah kembali seperti semula.

4. Pakai Aseton untuk Menghilangkan Goresan Hitam pada Sepatu Kulit

Metode ini diklaim banyak orang berhasil untuk menghilangkan goresan hitam pada sepatu kulit. Buat kamu yang belum tahu, aseton adalah cairan penghapus cat kuku.

Aseton juga bisa digunakan untuk memudarkan goresan di sepatu. (BRIGHTSIDE)

Jadi yang perlu kamu lakukan adalah cukup basahi kapas dengan aseton dan tekan pada bagian sepatu yang tergores dengan hati-hati, pastikan kamu tidak menggosoknya ya. Tetapi menurut sebagian orang metode ini cuma bisa menghilangkan goresan kecil saja.

5. Minyak Zaitun atau Minyak Kelapa untuk Memperbaiki Kondisi Sepatu Kulit

Setelah kamu melakukan serangkaian cara di atas kamu bisa membuat sepatu kamu lebih bagus lagi dengan cara satu ini. Basahi handuk lembut atau sebuah kapas dengan minyak zaitun atau minyak kelapa, lalu oleskan dengan gerakan melingkar dan gosok dengan hati-hati ke seluruh bagian sepatu.

Gunakan minyak kelapa dan minyak zaitun untuk membersihkan sepatu. (BRIGHTSIDE)

Dengan cara ini sepatu kamu pasti akan terlihat lebih mengkilap.

Terakhir, sebelum memulai ‘ritual’ membersihkan sepatu ini jangan lupa untuk pakai sarung tangan dan pastikan kamu menggunakan metode yang sesuai dengan jenis sepatu kamu ya.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments