hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

14 Juli 2019, 08:00 WIB

INDONESIA

Bisa dibilang, telur adalah makanan yang paling mudah diolah dan banyak penggemarnya. Mulai dari telur dadar, ceplok, orak-arik, rebus dan masih banyak lagi. Enggak pake ribet, tapi enak! Nah, ternyata masih banyak cara mengolah telur  yang menggugah selera. Bentuknya yang variatif juga enggak bikin bosan!

 

1. Telur Souffle

Ini dia tampilan telur souffle! Tebal dan lembut.

Biasanya olahan kue yang dibuat souffle, sekarang kamu bisa mengolah telur dengan cara yang sama untuk mendapatkan tekstur omelet tebal dan lembut. Caranya, pisahkan kuning dan putih telur. Lalu kocok putih telur hingga kaku, kocok pula kuning telur hingga terlihat creamy. Campurkan kuning telur yang sudah dikocok ke adonan putih telur, aduk dengan spatula. Tuang adonan ke dalam wajan anti lengket. Setelah adonan setengah matang, tambahkan mentega di wajan, tutup dan biarkan beberapa saat. Untuk memperkaya rasa, taburkan garam dan lada di atas telur yang hampir matang.

2. Telur Kukus

Telur dengan tekstur lembut bisa didapat dengan cara kukus. (BRIGHTSIDE)

Untuk mendapatkan tim telur yang lembut, kamu bisa mengolahnya dengan cara mengukusnya. Isi panci dengan satu gelas air dan didihkan. Lalu ambil mangkuk tahan panas, kocok satu telur, campurkan dengan ⅓ cangkir air, tambahkan garam dan lada sesuai selera. Tutup mangkuk dengan aluminium foil, letakkan di panci air yang kamu didihkan, tutup dan kukus selama sekitar 12 menit.

3. Telur Wafel

Telur wafel, tawakan variasi bentuk olahan telur. (BRIGHTSIDE)

Coba manfaatkan cetakan wafel kamu untuk mengolah telur. Siapkan telur seperti biasa, lalu tambahkan topping sesuai selera. Oles cetakan wafel dengan mentega atau minyak secukupnya, lalu tuangkan adonan telur ke dalam cetakan. Masak selama dua menit! Wafel telur siap disantap.

4. Telur Mi

Alternatif menikmati mi rendah karbo, nih. (BRIGHTSIDE)

Sesuai namanya, olahan telur yang ini mengandalkan variasi bentuk. Telur dibuat serupa mi! Caranya gampang kok, kamu cukup menyiapkan adonan telur seperti biasa. Tuang adonan ke wajan anti lengket, ratakan, lalu tutup wajan dan biarkan hingga matang. Ambil telur yang sudah matang, lalu iris setipis mungkin seperti mi, sajikan dengan saus!

5. Telur Awan

Tampilan telur awan ini cantik banget ya? Rasanya juga enak, loh. (BRIGHTSIDE)

Tampilan telur awan sangat cantik dan menggugah selera. Cara membuatnya, pisahkan kuning dan putih telur. Kocok putih telur hingga mengembang dan kaku, letakan adonan putih telur di atas loyang, beri garam dan lada secukupnya, lalu panggang selama 5 menit. Adonan putih telur yang sudah setengah matang dikeluarkan, lalu beri kuning telur di atasnya. Panggang kembali selama 3 menit. Telur awan siap menggugah selera!

BRIGHTSIDE | TASTE

7

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments