hero
(World of Buzz)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

4 Juli 2019, 12:05 WIB

LOMBOK, INDONESIA

Kecantikan alam dan budaya Indonesia enggak akan pernah habis untuk kita bahas. Makanya jangan heran lagi kalau banyak tempat Indonesia sering banget jadi tujuan wisata turis domestik maupun mancanegara. Salah satu tempat yang cukup sering untuk jadi destinasi wisata adalah Lombok.

Tapi kadang kita hanya mengenal Lombok dengan keindahan pantai dan gunungnya saja nih. Padahal, bukan itu saja daya tarik satu-satunya dari pulau indah ini. Nah di bawah ini adalah rangkuman berbagai tempat yang wajib banget kamu tahu di Lombok:

1. Belajar Menari dan Bermain Musik Tradisional di Desa Setanggor

(World Of Buzz)

Desa yang berjarak 9 km dari Bandara Internasional Lombok ini merupakan tempat yang cocok untuk kamu belajar tentang budaya lokal. Di Setanggor banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan mulai dari kegiatan bertani, spiritual, dan lain-lain.

Hal yang harus kamu lakukan adalah berbaurlah dengan penduduk setempat, karena dengan begitu pasti akan lebih banyak pengalaman tidak terduga. Satu lagi yang perlu kamu lakukan saat berkunjung ke desa ini adalah naik Cidomos, yaitu sejenis kereta kuda kecil khas Lombok yang akan membawa kamu berkeliling ke spot-spot wisata di desa Setanggor.

Kamu juga bisa berkunjung ke sungai sambil menikmati makan malam di atas rakit. Apalagi jika ditambah sambil mendengarkan musik tradisional khas Lombok, pasti menyenangkan.

2. Suka kuliner? Kamu Bisa Juga Mencoba Berbagai Hidangan Khas Lombok

(World Of Buzz)

Kayanya liburan kamu di Lombok rasanya kurang lengkap kalau enggak menjajal berbagai kuliner khasnya. Nah beda dengan Bali, di Lombok kamu justru bakal dengan mudah menemukan banyak makanan halal.

Selain Ayam Taliwang yang sudah terkenal kelezatannya, kamu juga harus meluangkan waktu untuk mencoba Bebalung. Nama Bebalung sendiri sebenarnya berarti “tulang hewan”, namun sebenarnya hidangan ini adalah iga sapi atau kambing yang disajikan dengan kuah kaldu yang dimasak dengan bawang merah, jahe, daun asam, garam, merica, dan banyak lagi.

Selanjutnya, ada Sate Bulayak, hidangan satu ini hampir sama dengan sate pada umumnya. Hanya saja lontongnya yang bernama Bulayak tidak di balut dengan daun pisang melainkan dengan daun aren yang dililit.

Hal spesial lainnya terletak pada bumbu kacangnya menggunakan asam khas Sumbawa dan kacang tanah yang disangrai terlebih dulu lalu ditumbuk. Kemudian direbus dengan campuran santan dan berbagai rempah lainnya untuk menghasilkan rasa pedas.

3. Ikut Merayakan Hari Raya di Lombok

(World Of Buzz)

Sebagai salah satu pulau bermayoritas agama Islam, Lombok cukup meriah jika merayakan hari raya. Tapi bukan Indonesia namanya jika tidak dikemas dengan kebudayaan lokalnya yang beragam.

Masyarakat Lombok biasanya memiliki tradisi setelah Lebaran dengan sebutan Lebaran Topat yang dirayakan pada hari ke 7 bulan Syawal. Puncak dari perayaan ini adalah perang ketupat dimana akan ada dua kubu yang saling melempar ketupat sebagai tradisi persahabatan.

Menariknya lagi, tradisi ini tidak hanya dihadiri oleh masyarakat Islam saja melainkan juga masyarakat Hindu.

4. Kamu Juga Bisa Menikmati Wisata Religi dengan Berkunjung ke Masjid Mataram Islamic Center.

(World Of Buzz)

Salah destinasi yang terkenal kalau kamu mau melakukan wisata religi di Lombok adalah Masjid Agung Hubbul Wathan di Mataram. Masjid ini memiliki arsitektur yang luar biasa, di tambah lagi dengan menara setinggi 99 meter yang memiliki Asmaul Husna di desainnya.

Di masjid ini kamu juga bisa menikmati pemandangan menarik seluruh kota Mataram dari atas menara dengan membayar Rp5 ribu saja. Masjid ini juga terbuka untuk umum loh tidak hanya untuk mereka yang muslim saja.

Jadi kata siapa di Lombok cuma ada pantai dan Gunung?

WORLD OF BUZZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments