hero
(World of Buzz)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

3 Juli 2019, 06:05 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Keistimewaan Yogyakarta ternyata juga sudah diakui banyak orang. Bahkan provinsi yang bernama Daerah Istimewa Yogyakarta ini dinobatkan sebagai Kota Budaya oleh ASEAN karena dianggap sebagai pusat budaya bangsa.

Semuanya bisa kamu temukan di Kota Pelajar ini, mulai dari berkunjung ke Istana Keraton hingga menyaksikan pertunjukkan Ramayana yang merupakan peninggalam zaman Majapahit kuno. Nah berikut ini adalah beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan di Yogyakarta dan tidak bisa ditemukan di tempat lain.

1. Mengunjungi Keraton yang Telah Berusia Berabad-abad, Istana Kasultanan Yogyakarta

(World of Buzz)

Kalau kamu tertarik dengan sejarah keraton yang ada di Yogyakarta kamu bisa mengunjungi  kompleks Istana Keraton yang juga adalah pusat pemerintahan Sultan Yogyakarta sekaligus tempat tinggal keluarga kerajaan. Keraton juga wajib kamu kunjungi jika kamu menyukai arsitektur dan interior historisnya.

Fakta menarik lainnya yang perlu kamu ketahui adalah setiap fitur yang ada di Keraton memiliki makna simbolis yang berhubungan dengan kepercayaan dan adat Jawa kuno. Kompleks Keraton sendiri terletak di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Kota Yogyakarta.

Keraton buka dari jam 08.00 WIB hingga 14.00 WIB setiap hari kecuali Jumat dan Sabtu, hanya sampai jam 12.00 WIB. Dari Jalan Malioboro dan Pasar Beringharjo kamu bisa berjalan kaki atau menggunakan Andong maupun Becak untuk menuju kompleks Keraton.

2. Tertarik dengan Budaya Jawa? Coba Kunjungi Ullen Sentalu

(World of Buzz)

Museum yang berisi berbagai budaya dan seni Jawa ini terletak di dataran tinggi Kaliurang. Ullen Sentalu bukanlah museum biasa apalagi dengan tata ruang dan strukturnya yang tidak konvensional yang sudah pasti menghadirkan pengalaman unik.

Terletak di dataran tinggi, hampir seluruh kawasan museum ini terletak di area terbuka. Jadi jangan lupa untuk membawa payung atau jas hujan untuk berjaga-jaga kalau hujan.

Ullen Sentalu juga merupakan “museum hidup” karena artefak yang dipamerkan dapat berubah-ubah sehingga setiap kunjungan kamu akan merasakan pengalaman baru. Museum ini terletak di Jl. Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Mau Nonton Pertunjukkan Sendratari Ramayana Yogyakarta yang terkenal? Ayo ke Candi Prambanan

(World of Buzz)

Kisah tentang perjuangan cinta klasik yang berjudul Ramayana ini disajikan dalam pertunjukkan di atas panggung terbuka dengan latar belakang Candi Prambanan. Cerita ini diadaptasi dari ukiran yang ditemukan di Candi Prambanan.

Sepanjang pertunjukkan kamu akan dimanjakan dengan aksi teater, tarian dan musik yang tidak akan ada duanya.  Untuk menyaksikan pertunjukkan tersebut kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp240 ribu.

4. Merasakan Pengalaman Menarik Berkunjung ke Istana Air Taman Sari

(World of Buzz)

Di bangun pada abad ke-18, kompleks indah ini merupakan situs bekas taman kerajaan untuk Kesultanan Yogyakarta. Pada 1995, ia terdaftar sebagai bagian dari Situs Warisan Dunia di bawah naungan UNESCO.

Di Taman Sari terdapat 4 bagian berbeda yang meliputi danau buatan besar dengan pulau-pulau dan paviliun di barat, kompleks mandi tengah, paviliun dan kolam di selatan, dan danau kecil di bagian timur. Lokasi Taman Sari terletak hanya beberapa blok dari Istana Keraton yakni di Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Kamu Tertarik dengan Seni Kontemporer? Kunjungi ARTJOG

(World of Buzz)

Sesuai statusnya sebagai Kota Budaya ASEAN, serta pusat budaya Indonesia dan sekitarnya, Yogyakarta juga memiliki banyak festival seni kontemporer. Salah satunya adalah Artjog, festival tahunan ini digelar sejak tahun 2008 hingga tahun ini.

Tahun ini sendiri Artjog akan dilaksanakan pada 25 Juli hingga 25 Agustus 2019 mendatang. Artjog dinilai sebagai ruang untuk berbagi pengalaman estetika bersama dengan perkembangan terkini dalam dunia seni.

Di Artjog kamu akan bisa melihat berbagai macam instalasi seni menarik yang instagramable. Tahun ini Artjog akan diselenggarakan di Jogja National Museum yang berlokasi di Jl. Prof. Ki Amri Yahya No. 1 Pakuncen Wirobrajan, Yogyakarta. 

WORLD OF BUZZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments