hero
(MOREFM)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

26 Juni 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Otak dapat memproduksi sebanyak 12,000 hingga 50,000 pemikiran per harinya. Tapi tahu kah kamu, ternyata kemampuan otak kita enggak cuma itu lho.

Selain memproduksi pemikiran dan melakukan fungsi-fungsi secara fisik, otak juga memiliki banyak kemampuan menarik lainnya yang mungkin belum diketahui. Berikut adalah beberapa fakta psikologis cukup menarik seputar otak kita.

1Pelupa adalah pertanda kecerdasan tinggi

Pelupa adalah pertanda kecerdasan tinggi. (BRIGHTSIDE)

Sebuah memori baik sepertinya menjadi salah satu fitur terkuat dan positif yang dimiliki. Namun, para ilmuwan mengklaim kalau melupakan sama pentingnya dengan mengingat. Memori yang buruk juga sebenarnya merupakan mekanisme untuk menciptakan ruang untuk informasi yang relevan. Dan menjaga otak dari pemborosan ruang dan energi.

2Penolakan terasa seperti sakit secara fisik

Penolakan terasa seperti sakit secara fisik. (BRIGHTSIDE)

Ilmu syaraf atau yang dikenal juga dengan neuroscience menemukan fakta bahwa penolakan ditangkap oleh otak sama seperti ketika kamu mengalami sakit secara fisik. Reaksi sakit secara emosional dan fisik sangatlah mirip. Dan ketika kamu mengalaminya tubuh akan secara otomatis memproduksi zat kimia alami yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit.

3Kestabilan mematikan pusat pembelajaran pada otak

Kestabilan mematikan pusat pembelajaran pada otak. (BRIGHTSIDE)

Mungkin seringkali kamu merasa hidup kamu enggak stabil. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa kondisi itu ternyata dapat membantu kamu berkembang secara personal loh. Bahkan, para ilmuwan mengatakan jika kamu enggak pernah keluar dari zona nyaman, itu berarti kamu enggak akan pernah belajar.

485% kekhawatiran kamu enggak pernah terjadi

85% kekhawatiran kamu enggak pernah terjadi. (BRIGHTSIDE)

Sebuah studi menunjukkan bahwa kebanyakan hal negatif yang kamu bayangkan justru enggak pernah terwujud. Dalam studi tersebut responden diminta untuk menuliskan kekhawatiran mereka dalam beberapa periode waktu. Hasilnya, 85% hal-hal yang menjadi kekhawatiran mereka enggak pernah terjadi.

5Semakin kamu bahagia, semakin sedikit tidur yang kamu butuhkan

Semakin kamu bahagia, semakin sedikit tidur yang kamu butuhkan. (BRIGHTSIDE)

Fakta ini cukup menarik, karena semakin kamu merasa bahagia ternyata semakin sedikit waktu tidur yang kamu butuhkan, untuk menjalankan fungsi tubuh secara normal setiap hari. Ternyata kesedihan meningkatkan keinginan kamu untuk tidur dengan perasaan sebaliknya, yakni perasaan bahagia.

6Seseorang akan menjadi lebih jujur ketika lelah

Seseorang akan menjadi lebih jujur ketika lelah. (BRIGHTSIDE)

Ketika kamu merasa lelah secara fisik kamu enggak akan sempat untuk membumbui kata-kata yang keluar dari mulut kamu. Hal ini sebenarnya normal, hal ini juga merupakan alasan kenapa orang seringkali membuat pengakuan pada percakapan di malam hari.

7Seorang pembohong lebih mudah mendeteksi kebohongan

Seorang pembohong lebih mudah mendeteksi kebohongan. (BRIGHTSIDE)

Dalam teori psikologi dan ilmu syaraf dikatakan bahwa seseorang yang terbiasa untuk berbohong sangat baik dalam mendeteksi kebohongan. Rahasianya terletak pada kemampuan untuk memikirkan apa yang sedang dipikirkan orang yang sedang berbohong.

BRIGHTSIDE

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments