hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

18 Juni 2019, 07:50 WIB

INDONESIA

Rasa enggak nyaman di mulut seringkali dianggap sepele dan dibiarkan begitu saja tanpa dicari tahu lebih lanjut. Tapi tahu enggak sih, ternyata rasa enggak nyaman di mulut bisa jadi sebuah pertanda bahwa tubuh kamu sedang mengalami gejala ataupun sesuatu yang enggak baik.

Jadi, enggak ada salahnya untuk mencari tahu kemungkinan apa saja yang bisa menyebabkan rasa enggak nyaman di mulut. Selain itu, ada baiknya mengingat makanan apa saja yang sudah kamu konsumsi. Berikut adalah beberapa yang bisa saja terjadi ketika mulut kamu terasa enggak enak.

1Infeksi jamur

Infeksi jamur. (BRIGHTSIDE)

Jenis Infeksi ini juga dikenal dengan istilah sariawan oral. Infeksi jamur ini juga menimbulkan titik-titik putih di sekitar tenggorokan dan lidah.

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Candida Albicans. Yang secara alami ada di dalam mulut dan dikendalikan oleh sistem kekebalan tubuh kamu. Tetapi saat kekebalan tubuh kamu melemah, bakteri ini akan dengan cepat bereproduksi dan menyebabkab infeksi.

2Mungkin kamu hamil?

Mungkin kamu hamil? (BRIGHTSIDE)

Selain merasa mual dan kelelahan terus menerus, sebagian wanita hamil juga sering mengeluhkan rasa logam yang terasa di mulut mereka.

Hal ini terjadi karena perubahan hormon yang dialami tubuh saat menciptakan sebuah ‘kehidupan baru’. Selain itu, hormon pada masa kehamilan juga mampu memengaruhi indera penciuman dan pengecap kamu, loh. Tapi enggak perlu khawatir, biasanya gejala ini akan hilang pada trimester ketiga.

3Kekurangan zat besi

Kekurangan zat besi. (BRIGHTSIDE)

Saat tubuhmu kekurangan zat besi, kamu mungkin akan merasakan jika mulutmu terasa sedikit aneh. Menurut hasil studi para peneliti, hal ini terjadi karena zat besi meningkatkan kadar gustin, sejenis protein yang mengontrol selera.

4Terserang flu atau pilek

Terserang flu atau pilek. (BRIGHTSIDE)

Lain lagi kalau kamu merasakan pahit di lidah, yang diikuti flu atau pilek. Jangan khawatir itu adalah sebuah gejala yang normal. Sebenarnya rasa pahit tersebut merupakan efek dari infeksi, yang menurut para ahli berfungsi membuat sistem imun waspada dan siap melawannya dengan produksi protein.

5Penyakit diabetes

Penyakit diabetes. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu merasakan manis yang cukup aneh di mulut, itu berarti kamu harus waspada. Penelitian menunjukkan, ini adalah salah satu gejala kamu menderita diabetes. Alasan lainnya adalah diabetes akan menurunkan jumlah zat besi yang kamu serap, sehingga membuat mulut kamu terasa pahit.

6Kacang pinus

Kacang pinus. (BRIGHTSIDE)

Para ahli mencoba untuk menjelaskan apa itu ‘Sindrom Kacang Pinus’ yang mengacu pada rasa pahit yang dialami beberapa orang yang baru saja memakan kacang pinus. Rasa pahitnya dapat bertahan beberapa minggu dan akan semakin kuat setiap kali kamu makan atau minum. Rasa pahit ini enggak akan langsung muncul, namun ia akan muncul beberapa hari setelahnya. Tapi tenang saja, selanjutnya enggak ada yang perlu dikhawatirkan. Karena selain itu, enggak ada efek samping lanjutan.

7Tingkat stres tinggi

Tingkat stres tinggi. (BRIGHTSIDE)

Kecemasan dapat menimbulkan apa yang kamu kenal dengan Xerostomia atau mulut kering yang disebabkan oleh kekurangan air liur di mulut. Air liur berperan penting dalam kesehatan, terutama pencernaan. Jadi, apabila produksi air liurnya sedikit kamu akan merasa aneh di mulut. Kondisi tersebut biasanya terjadi ketika kamu merasa khawatir, gugup atau cemas.

8Mengonsumsi obat

Mengonsumsi obat. (BRIGHTSIDE)

Apabila kamu sedang menjalani pengobatan, kamu bisa saja merasakan berbagai jenis rasa di lidah dan mulut. Penelitian menjelaskan bahwa ini adalah salah satu efek samping yang wajar dari berbagai macam obat. Seperti antibiotik, antiinflamasi, obat hipertensi, dan alergi. Bahkan beberapa multivitamin juga bisa membuat kamu merasakan efek ini.

9Kebersihan mulut

Kebersihan mulut. (BRIGHTSIDE)

Selain berbagai gejala penyakit dan perubahan di atas, mungkin ini juga merupakan pertanda bahwa kamu harus meningkatkan kebersihan mulut. Bagaimanapun, mulut kamu adalah rumah bagi berbagai jenis bakteri baik dan buruk.

Jadi, kalau kamu enggak membersihkannya dengan baik, itu sama saja dengan kamu mempersilahkan bakteri-bakteri tersebut untuk berkembang biak dan menimbulkan efek samping. Jadi,mungkin kamu juga harus memerhatikan berbagai hal yang berhubungan dengan kesehatan dan kebersihan mulut.

 

BRIGHT SIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments