hero

EDITOR : ALBERT SUMILAT

12 Juni 2019, 22:52 WIB

INGGRIS

Musim 2018-19 ini menjadi musim yang aneh di Premiere League bagi klub asal London, Chelsea dibawah pelatih Maurizio Sarri. Tak terkalahkan dalam 12 pertandingan awal di liga, selanjutnya berbalik dengan serangkaian hasil buruk pada tengah musim. Banyak fans Chelsea tidak puas dengan taktik bermain yang diterapkan Sarri hingga puncaknya saat menelan kekalahan telak 6-0 dari Manchester City di liga dan final Carabao Cup.

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri mengalami musim yang aneh di Liga Inggris, namun mengakhiri dengan finish ketiga dan menjuarai Europa League 2019. (Instagram/chelseafc)

Dengan serentetan hasil ini, Chelsea masih bisa mengakhiri liga dengan finish diurutan 3 dibelakang Manchester City dan Liverpool. Bahkan mereka memenangi Liga Eropa setelah di final mengalahkan tim senegara Arsenal dengan skor 4-1. Chelsea dibawah kepelatihan Maurizio Sarri masih berpeluang memenangi Piala Super Eropa berhadapan dengan Liverpool nanti.

Namun semua itu sepertinya tidak cukup untuk menahan keinginannya kembali ke Italia untuk menukangi Juventus, menggantikan Massimiliano Allegri. Chelsea kini harus menatap kedepan untuk mencari pengganti Maurizio Sarri, dengan segala keterbatasan yang akan mereka alami seperti larangan merekrut pemain baru dari FIFA hingga akhir Januari 2020. Berikut 5 kandidat pelatih pengganti Sarri untuk menukangi Chelsea musim depan.

1Jose Mourinho

(instagram/josemourinho.utd)

Meski mustahil namun kemungkinan Mou kembali ke Stamford Bridge terbuka untuk ketiga kalinya. Dibawah Special One, The Blues sempat mendominasi sepak bola Inggris dengan dua gelar Premiere League di kali pertamanya, dan ia ulangi pada kali keduanya di tahun 2015. Jika benar Mou akhirnya menangani Chelsea kembali, maka ada menjadi berita yang membuat shock banyak fans sebab Mou tidak memiliki hubungan yang baik dengan beberapa figur senior di klub itu. Ditambah sejarah bahwa Mou hampir tidak pernah mempromosikan pemain muda didikan akademi dan transfer ban yang jalani Chelsea, berat memikirkan bahwa ia adalah sosok yang tepat menggantikan Sarri.

2Javi Gracia

 

(instagram/watfordfcofficial)

Sepintas Gracia sepertinya bukan pilihan yang baik untuk Chelsea. Ia bukan pelatih dengan nama besar dan belum sekalipun menangani klub besar namun di Premiere League musim 2018-19 ini Javi Gracia berhasil menjalani pekerjaan yang luar biasa bersama Watford. Bersama the Hornets, ia berhasil merangkak naik dari urutan terbawah di klasmen ke urutan 11 dan melaju ke final Piala FA sebelum dikalahkan Manchester City di final. Sebelum menjajal liga Inggris, Gracia sempat malang melintang menukangi beberapa klub di Yunani, Spanyol, Rusia sebelum menangani klub Inggris bersama Watford sekarang. Javi Gracia yang memiliki taktik bermain menyerang ini sepertinya akan membawa sesuatu yang baru untuk fans Chelsea jika jadi menggantikan Sarri.

3Nuno Espirito Santo

(twitter/Wolves)

Selain Gracia, Nuno merupakan sosok yang sukses menjalani musim perdana di Premiere League Inggris. Musim 2018-19 ini ia berhasil membawa klubnya Wolverhampton Wanderers diurutan ke-7 pada akhir musim dan masuk kualifikasi Liga Eropa untuk pertama kalinya sejak tahun 1980. Karirnya yang pernah menukangi FC Porto dari 2016-2017 menjadi bekal Nuno menapaki kerasnya liga Inggris sebagai pelatih. Gemar bermain dengan skema 3 bek membuat Nuno harus memutar otak dan beradaptasi jika berhasil menjadi pelatih Chelsea musim depan. Namun mengingat pengalaman dua tahun terakhir di Inggris, bisa jadi ia telah menemukan formula tersendiri dalam menghadapi kerasnya Liga Inggris seperti yang telah ia tampilkan musim lalu saat melawan klub yang lebih besar dari Wolves.

4Frank Lampard

(instagram/dcfcofficial)

Saat ini bisa jadi Frank Lampard adalah pilihan terbaik bila Sarri perdi meninggalkan Chelsea pindah ke Juventus. Lampard adalah salah satu legenda di Stamford Bridge, pencetak gol terbanyak sepanjang masa dengan 211 gol dalam 15 musim kompetisi, dan trofi Liga Champion satu-satunya yang pernah dimenangi Chelsea di tahun 2012. Satu-satunya masalah laten yang akan dialami Lampard jika menukangi Chelsea adalah karir kepelatihannya yang masih seumur jagung. Baru setahun menangani Derby County di liga kasta kedua Inggris, meski berjalan dengan sangat baik dengan hampir promosi ke Premiere League, namun menjadi pelatih Chelsea akan menjadi lompatan yang sangat besar buatnya. Tentu saja Frank Lampard diprediksi akan mengorbitkan para pemain muda hasil didikan akademi Chelsea sebab ia mengetahui seluk beluk klub London Utara itu, selain itu Chelsea mungkin memandang Lampard dari apa yang telah ia raih bersama Chelsea.

5Massimiliano Allegri

(instagram/juventus)

Kemungkinan perginya Maurizio Sarri ke Juventus, maka Allegi dapat menggantikan posisinya sebagai pelatih Chelsea. Allegri telah memenangi Liga seri A bersama Juve selama 5 musim menanganinya. Dia telah membangun skuad terbaik di Eropa bersama Juventus. Kekurangan Allegri hanyalah belum menjuarai Liga Champion, dua kali menjejak final ia kalah oleh Barcelona di tahun 2015 kemudian Real Madrid di tahun 2017. Allegri sebelumnya telah masuk radar Chelsea untuk menduduki kursi panas kepelatihan, namun hingga kini belum terealisasi. Siapapun yang akan menjadi pelatih Chelsea musim ini akan mengalami kesulitan merekrut pemain baru karena pelarangan merekrut pemain yang dijatuhkan FIFA kepada Chelsea hingga akhir Januari 2020, dan Allegri pun akan merasakannya jika ia jadi menangani Chelsea.

SPORTSKEEDA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments