hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

30 Mei 2019, 14:00 WIB

INDONESIA

Tungau alias kutu kasur biasanya bersembunyi untuk menghindari cahaya matahari, karena itu agak sulit melihat keberadaan mereka. Kamu baru sadar ketika merasakan dampak gigitannya, yaitu gatal-gatal. Yup, tungau menggigit dan menghisap darah ketika kita tidur. Nah, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir tungau. 5 cara yang paling mudah adalah berikut ini!

 

1. Gunakan uap panas!

Uap panas untuk mengusir tungau. (BRIGHTSIDE)

Tungau tidak menyukai suhu panas. Karena itulah, untuk memancing tungau keluar dari persembunyiannya, gunakan uap panas. Bahkan, jika suhu uap sangat panas, bisa sekalian membunuh tungau.

 

2. Gunakan hair dryer

Seperti yang sudah disebutkan, suhu tinggi dapat membunuh tungau. Selain menggunakan uap, hair dryer juga dapat digunakan. Caranya cukup mudah, nyalakan hair dryer dan atur pada suhu paling tinggi, kemudian arahkan ke seluruh tempat tidur secara perlahan.

3. Gunakan double tape

Double tape untuk mengusir tungau. (BRIGHTSIDE)

Selain dengan menggunakan suhu tinggi, tungau juga bisa disingkirkan dengan double tape. Namun pertama-tama kita harus mengetahui jalur keluar masuk tungau. Jika sudah diketahui, tutup jalur tersebut dengan double tape. Jangan lupa menngganti double tape itu secara teratur, ya.

4. Taburkan silica gel

Taburkan silica gel. (BRIGHTSIDE)

Silica gel mudah ditemukan saat membeli baju atau sepatu baru. Dan silica gel tersebut dapat digunakan untuk menyingkirkan tungau. Berdasarkan penelitian, gel tersebut dapat menyerap lemak dari kutikula tungau, yang akan membuat mereka dehidrasi dan mati kering.

5. Semprotan cuka

Cuka mengandung asam asetat yang dapat melukai sistem saraf serangga. Cukup semprotkan cuka pada tungau dan rendam aera yang terinfeksi tungau.

BRIGHT SIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments