hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

29 Mei 2019, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Di zaman yang serba cepat dan instan seperti sekarang ini, banyak orang melewatkan informasi penting. Alhasil, banyak pula yang terjebak dalam produk-produk yang enggak diketahui betul kandungan dan efek sampingnya, terutama produk makanan.

Enggak banyak orang yang mau benar-benar membaca label produk dan mempelajarinya, bukan? Nah, berikut ini beberapa produk makanan yang mungkin sering kamu nikmati sehari-hari tanpa kamu sadari fakta di baliknya.

1Almond, kacang tanah, dan pistachio bukanlah kacang

Almond, kacang tanah, dan pistachio bukanlah kacang. (BRIGHTSIDE)

Dari sudut pandang botani, kacang adalah ‘buah’. Berada di dalam cangkang keras yang enggak terbuka dalam kondisi alami.

Kacang yang asli adalah hazelnut, chestnut, dan acorns. Kacang almond, Pistachio, walnut, dan kacang pinus adalah biji. Sedangkan kacang tanah masuk dalam kategori polong.

2Sebelum abad ke-17 wortel bukan berwarna oranye

Sebelum abad ke-17 wortel bukan berwarna oranye. (BRIGHTSIDE)

Ternyata, petani baru mulai mengembangbiakkan wortel yang berwarna oranye pada abad ke-17. Sebelum itu, ada wortel berwarna ungu, putih, dan merah.

3Enggak ada 100% jus segar yang dibotolkan

Enggak ada 100% jus segar yang dibotolkan. (BRIGHTSIDE)

Agar jus tetap segar untuk waktu yang lebih lama, oksigen dalam buah-buahan dihilangkan secara artifisial. Sayangnya, proses tersebut menghilangkan rasa dan bau alami buah.

 Itu sebabnya produsen menambahkan aroma dan bahan tambahan makanan lainnya. Sehingga enggak ada jus buah botolan yang bisa diklaim 100% alami di pasaran.

4Serpihan oat bukanlah produk alami 100%

Serpihan oat bukanlah produk alami 100%. (BRIGHTSIDE)

Banyak orang berpikir bahwa serpihan oat lebih sehat. Namun, untuk mengeringkan oat lebih cepat saja, bahan kimia terkadang digunakan.

Pada tahun 2010, di Amerika Serikat, ada gugatan terhadap perusahaan terkenal yang memproduksi serpihan oat karena mengandung bahan berbahaya seperti lemak trans. Perusahaan itu dituduh melakukan iklan palsu.

5Fitness bar itu enggak sehat

Fitness bar itu enggak sehat. (BRIGHTSIDE)

Bar muesli dikenal mengandung sejumlah besar gula, garam, minyak rapeseed, dan tepung jagung, bahan yang enggak begitu sehat. Terlebih lagi, zat kimia yang berbeda digunakan untuk mengeringkan serpihannya. Itulah mengapa pada tahun 2014 dan 2016, pengadilan Amerika Serikat melarang perusahaan Nature Valley menggunakan label ‘100% alami’.

6 Marshmallow bukan konsumsi vegetarian

 Marshmallow bukan konsumsi vegetarian. (BRIGHTSIDE)

Marshmallow mengandung gelatin yang terbuat dari kulit dan tulang binatang. Komponen direbus dan kemudian ditambahakan pati dan pemanis. Sebelum kamu mengonsumsi produk yang dibuat dengan gelatin, ingatlah apa bahan utamanya.

 

BRIGHTSIDE| DAILY MAIL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments