hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

27 Mei 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Rasa gembira bukan hanya tentang keadaan pikiran dan sikap positif dalam hidup. Kebahagiaan juga berhubungan dengan beberapa proses kimia dalam tubuh. Yup, kebahagiaan juga dipicu oleh kadar hormon tertentu. Kalau kekurangan hormon-hormon tersebut, kita akan merasa kurang bahagia bahkan bisa memicu depresi. Melansir dari Brightside, berikut tanda-tanda tubuh kita kekurangan hormon yang membuat bahagia.

1. Ingin makan permen dan keripik terus menerus

Craving makanan manis dan gurih terus-menerus. (BRIGHTSIDE)

Jika kamu merasa ingin makan sesuatu yang manis dan asin secara terus menerus, bisa jadi  itu karena tubuh kekurangan serotonin. Makanan yang manis dan asin dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh dan membuat perasaanmu lebih baik. Sayangnya hal tersebut hanya berlangsung sementara. Hasilnya, kamu akan semakin ingin mengonsumsi makanan yang asin dan manis.

2. Berat badan bertambah

Coba cek, apakah berat badan kamu bertambah terus? (BRIGHTSIDE)

Kekurangan dopamine dalam tubuh dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Selain fakta kamu merasa ingin memakan makanan manis dan tidak sehat terus menerus, kamu juga dapat makan berlebihan. Hal ini terjadi karena secara naluri kamu ingin mengimbangi rendahnya kadar hormon dengan makan.

3. Nyeri payudara

Kekurangan hormon estrogen menyebabkan nyeri payudara. (BRIGHTSIDE)

Selain memengaruhi suasana hati, kekurangan beberapa hormon juga dapat memengaruhi kondisi kesehatan kita. Rendahnya kadar estrogen dalam tubuh tidak hanya berefek pada suasana hati, tapi juga dapat menyebabkan nyeri payudara.

4. Rendahnya level empati

Penelitian telah menemukan bahwa ada hubungan antara empati dan oksitosin. Hormon ini memengaruhi suasana hati kita. Jika kamu merasa kesulitan berempati atau membaca raut wajah, mungkin saja tubuhmu kekurangan oksitosin.

5. Sakit kepala

Sakit kepala bisa disebabkan kurangnya kadar progesteron. (BRIGHTSIDE)

Salah satu penyebab sakit kepala ialah kurangnya kadar progesteron dalam tubuh, salah satu hormon yang dapat meningkatkan suasana hati. Hormon ini merupakan salah satu hormon yang sangat penting selama kehamilan.

6. Insomnia

Susah tidur? Mungkin kamu kekurangan hormon serotonin. (BRIGHTSIDE)

Insomnia merupakan salah satu tanda rendahnya level serotonin dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan masalah tidur dan perubahan suasana hati. Orang yang mengalami stres dan depresi cenderung mudah mengalami kesulitan tidur.

7. Tremor

Tremor karena kekurangan hormon dopamin. (BRIGHTSIDE)

Tremor bisa terjadi karena tubuh kekurangan hormon dopamin. Tremor sendiri merupakan gerakan tidak diinginkan yang disebabkan oleh kontraksi otot. Biasanya tremor terjadi pada otot tangan. Namun tremor juga bisa jadi merupakan gejala penyakit neurologis.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments