hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

21 Mei 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Sakit tenggorakan memang menyebalkan! Namun, kadang sulit terhindar dari penyakit ini. Untuk mengatasi sakit tenggorokan yang mendera tiba-tiba, ada banyak cara alami yang bisa dilakukan, diantaranya:

 

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan larutan garam. (BRIGHTSIDE)

Sesuatu yang sederhana seperti berkumur dengan air garam ternyata membantu untuk menyembuhkan tenggorokanmu loh. Karena air garam membantu mengeluarkan lendir dari jaringan yang meradang. Kamu cukup mencampurkan sekitar setengah sendok teh garam dengan 200 sampai 250ml air hangat. Kemudian, berkumurlah selama beberapa detik. Jika tenggorokan kamu masih terasa sakit, kamu bisa mengulanginya beberapa kali sehari. Kamu juga bisa menambahkan lemon jus untuk membantu lebih banyak virus dan bakteri.

2. Mengonsumsi madu

Konsumsilah madu. (BRIGHTSIDE)

Madu adalah obat alami untuk mengatasi batuk. Nah, untuk menggunakannya sebagai obat sakit tenggorokan kamu cukup menelan sesendok madu. Itu sudah cukup untuk membantu mengurangi batuk di malam hari, terutama pada anak-anak. Kalau kamu tidak terlalu menyukai madu, kamu bisa mencampurnya dengan teh hangat atau air putih.

3. Menghisap bawang putih

Hisap bawang putih seperti permen.

Tips yang satu ini pasti jarang kamu dengar atau mungkin belum pernah kamu dengar. Ternyata dengan mengemut bawang putih kamu bisa mengurangi rasa sakit pada tenggorokanmu. Hal ini karena kandungan kimia yang bernama allicin, kandungan tersebut dapat membunuh bakteri yang menyerang tenggorokanmu. Caranya, kamu cukup mengupas bawah putih mentah, lalu belah menjadi dua, kemudian masukkan kedua bagian tersebut ke dalam mulut. Lalu kemudian hisap seperti sedang makan permen, tapi jangan digigit.

4. Minum jus jeruk nipis dengan madu

Jus jeruk nipis madu, untuk atasi sakit tenggorokan. (BRIGHTSIDE)

Buah-buahan yang mengandung citrus seperti lemon dan jeruk nipis bisa membantu tenggorokan kamu. Cukup campurkan sesendok penuh madu dan minum seperlu kamu. Jangan lupa gunakan sedotan ya, karena rasanya pasti sedikit asam.

5. Berkumur dengan cuka apel

Berkumurlah dengan larutan cuka apel. (BRIGHTSIDE)

Cuka apel adalah bahan pokok sari banyak pengobatan tenggorokan. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mencampur setengah cangkir cuka apel dengan satu sendok teh garam. Setelah garam larut, campur dengan secangkir air hangat. Lalu gunakan campuran tersebut untuk berkumur selama 15 menit.

6. Mengangkat posisi kepala ketika tidur siang

Tinggikan posisi kepala saat tidur siang. (BRIGHTSIDE)

Ketika tenggorokanmu sakit, kamu juga bisa memperbaiki posisi tidur ketika tidur siang. Kamu harus menjaga kepala tetap tinggi saat tidur. Kamu harus menggunakan 2-3 bantal untuk mengangkat kepala kamu. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah bernafas dan menjaga mulut kamu tetap tertutup sehingga tenggorokan tidak mengalami gangguan lebih parah.

BRIGHT SIDE

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments