hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

14 Mei 2019, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Pernahkah kamu menyadari kadang ketika berbelanja sayuran dan buah-buahan, kamu membeli yang sudah terlalu matang? Akhirnya, buah dan sayurannya enggak bisa bertahan lama deh, karena akan lebih cepat membusuk dan berujung mubazir.

Tapi ada beberapa tips dan trik praktis nih yang bisa kamu praktekan supaya buah dan sayuran kamu enggak gampang busuk. Yuk, intip beberapa tips dan trik berikut dilansir dari Brightside berikut ini.

1Bungkus batang pisang dengan plastik atau aluminium foil

Bungkus batang pisang dengan plastik atau aluminium foil. (BRIGHTSIDE)

Trik berikut ini bisa kamu praktikkan tanpa lemari es loh. Buah pisang menghasilkan gas etilen yang membuatnya dapat melunak dengan cepat. Nah, dengan menutupi batang buahnya dengan plastik atau aluminium foil kamu bisa mencegahnya untuk busuk.  Dengan trik ini kamu kamu bisa menjaga agar pisang tetap segar selama 4-5 hari.

2Masukkan bawang ke dalam stoking nilon

Masukkan bawang ke dalam stoking nilon. (BRIGHTSIDE)

Terlalu lembab bisa membuat bawang busuk dalam waktu yang sangat singkat. Jadi solusi yang terbaik adalah kamu harus menyimpannya di tempat yang dingin dan minim cahaya. Kamu juga bisa meletakkannya dalam stoking nilon atau celana ketat yang berlubang dan menggantungnya agar lebih baik. Tips ini akan membuat bawang bertahan selama 6-8 bulan loh.

3Menyimpan bawang putih di tempat yang gelap dan tidak lembab

Menyimpan bawang putih di tempat yang gelap dan tidak lembab. (BRIGHTSIDE)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bawang akan lebih baik apabila disimpan di wadah atau kantong kertas di tempat yang gelap dan kering. Kalau kamu menerapkan tips ini kamu bisa membuat bawang putih bertahan selama dua bulan. Bahkan lebih lama lagi kalau kamu memisahkannya.

4Menyimpan batang sayuran ke dalam wadah yang berisi air

Menyimpan batang sayuran ke dalam wadah yang berisi air. (BRIGHTSIDE)

Tips yang satu ini bisa kamu praktikkan ke beberapa jenis sayuran seperti parsley, cilantro dan basil. Tetapi ada hal yang harus kamu perhatikan juga nih, sayur-sayuran tersebut harus ditaruh di tempat yang bersuhu ruangan. Bahkan dalam kondisi yang baik, sayuran tersebut bisa bertahan untuk 4-5 hari.

5Menyimpan kentang di tempat gelap dan dingin

Menyimpan kentang di tempat gelap dan dingin. (BRIGHTSIDE)

Hampir mirip seperti bawang, kentang juga lebih baik disimpan di tempat yang gelap dan dingin. Kamu juga enggak disarankan untuk menyimpan kentang di tas plastik. Pilihan lainnya, kamu juga bisa menyimpan kentang dalam kotak dengan sekat-sekat yang ditutupi dengan koran atau kertas penyerap di bagian bawah. Kalau disimpan dengan baik, kentang mentah bisa bertahan selama 1 sampai 2 minggu.

BRIGHT SIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments