hero
(FOOD NEWS INTERNATIONAL)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

9 Mei 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari mengatur pola makan, rutin olahraga, hingga mengonsumsi makanan atau minuman tertentu yang berkhasiat mendukung diet.

Namun, tahukah kamu kalau ternyata air kelapa adalah salah satu minuman kunci untuk diet yang sukses? Inilah yang akan terjadi kalau kamu minum air kelapa segar selama 14 hari berturut-turut, dilansir dari Brightside.

1Berat badan turun lebih cepat

Berat badan turun lebih cepat. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu sedang diet, tentu saja minuman manis dan bersoda patut dihindari. Cobalah ganti dengan air kelapa yang merupakan minuman rendah kalori. Yang bisa membuatmu kenyang lebih lama. Minumlah segelas air kelapa sebelum makan supaya kamu makan dengan porsi lebih sedikit. 

2Tubuh terhidrasi

Tubuh terhidrasi. (BRIGHTSIDE)

Air kelapa sangat bagus untuk menambah energi dan mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Itu sebabnya, air kelapa dikonsumsi rutin oleh para atlet sebelum, saat, dan sesudah olahraga. 

3Pencernaan sehat

Pencernaan sehat. (BRIGHTSIDE)

Kandungan serat yang tinggi pada air kelapa berkhasiat mencegah gangguan pada pencernaan. WHO bahkan merekomendasikan air kelapa sebagai minuman untuk menyembuhkan penyakit diare pada anak-anak. 

4Penyeimbang tekanan darah

Penyeimbang tekanan darah. (BRIGHTSIDE)

Penelitian menunjukkan kalau air kelapa punya manfaat yang signifikan pada tekanan darah. Air kelapa menurunkan tekanan sistol 71 persen dan tekanan diastol 29 persen. 

5Kulit lebih halus dan cerah

Kulit lebih halus dan cerah. (BRIGHTSIDE)

Air kelapa juga kaya akan antioksidan yang berguna untuk membuang racun dari dalam tubuh. Dan memberi banyak nutrisi. Selain diminum, kamu juga bisa mengaplikasikan air kelapa pada kulit wajah. Untuk membuatnya lebih sehat dan halus. 

6Mencegah stres dan perubahan mood

Mencegah stres dan perubahan mood. (BRIGHTSIDE)

Banyak jenis vitamin yang terkandung dalam air kelapa, salah satunya vitamin B-kompleks yang bisa mencegah stres dan mood buruk. Selain itu, dalam air kelapa terdapat pula kandungan magnesium. Yang dapat memicu produksi hormon serotonin, berfungsi mencegah munculnya depresi. 

7Meredakan efek alkohol

Meredakan efek alkohol. (BRIGHTSIDE)

Nutrisi yang terkandung dalam air kelapa bisa membantu menghidrasi dan menggantikan vitamin yang hilang dari dalam tubuh. Air kelapa mengandung 95 persen air sehingga sangat bagus untuk mengembalikan keseimbangan cairan tubuh yang terganggu. Terutama setelah mengonsumsi alkohol. 

8Anti penuaan dini

Anti penuaan dini. (BRIGHTSIDE)

Di dalam air kelapa juga terkandung hormon tumbuhan bernama sitokinin yang bisa memberi efek anti penuaan dini. Hormon ini berperan dalam proses regenerasi sel dan juga mengurangi risiko penyakit seperti kanker dan trombosis.

 

BRIGHTSIDE| THE GUARDIAN| CNN

207

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments