hero
(PIXABAY)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

8 Mei 2019, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Umat muslim di seluruh dunia tengah menjalankan puasa. Di Indonesia sendiri, kita menjalankan ibadah shiyam tersebut selama 13 hingga 14 jam lamanya.

Bayangkan belasan jam kita harus menahan lapar, haus, dan hawa nafsu. Untuk itu kita harus menyiapkan kesehatan fisik dengan baik. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat saat sahur, agar saat menjalankan puasa tubuh tetap berenergi. Dan pastinya dapat menekan kenaikan berat badan. Berikut di antaranya.

1Yogurt

Memakan yogurt ketika sahur ternyata punya manfaat yang cukup unik. Pasti kamu juga enggak menyangka kalau memakan yogurt ketika sahur bisa membantu kamu enggak kehausan ketika harus berpuasa sepanjang hari loh.

2Salad Buah

Kalau biasanya salad buah hanya dimakan ketika berbuka puasa, ternyata salad buah juga baik untuk dimakan ketika sahur. Buah yang banyak mengandung air, seperti semangka dan jeruk enggak hanya mengembalikan nutrisi tetapi juga membuat kamu berenergi dan enggak kekurangan cairan.

3Kurma

Buah yang berasal dari Arab ini juga biasanya akan muncul di meja makan ketika berbuka puasa. Tetapi ternyata buah ini juga baik dikonsumsi ketika sahur. Kamu bisa mengonsumsinya dengan dimakan seperti biasa. Atau bisa juga kamu blender dengan susu dingin dan juga es batu. Minuman ini akan membantu kamu tetap kuat menjalani puasa sepanjang hari.

4Susu

Selain berbagai makanan berat, segelas susu juga bisa menjadi menu yang cocok untuk sahur. Selain mengenyangkan segelas susu juga mengandung berbagai vitamin dan energi yang baik untuk kamu yang berpuasa seharian loh.

5Oatmeal

Selain memastikan tubuh punya energi yang cukup, penting juga bagi kamu untuk memastikan pencernaan bekerja dengan baik selama berpuasa. Perubahan waktu makan yang terjadi selama Bulan Ramadan sering kali juga menyebabkan masalah lambung dan sembelit. Oatmeal bisa jadi solusi yang tepat nih, untuk jadi menu sahur kamu. Selain mengenyangkan, oatmeal juga mengandung banyak serat yang memfasilitasi pencernaan aktif dan juga bebas gluten.

NUTRIGHT

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments