hero
(Kiss my keto)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

8 Mei 2019, 12:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Berpuasa sering kali dikaitkan dengan agama dan spiritualitas tetapi kamu juga bisa berpuasa atas keinginan kamu sendiri loh. Tapi ada beberapa hal penting nih yang harus kamu perhatikan kalau mau berpuasa. Berikut tips untuk kamu yang baru mau mulai berpuasa.

1. Tentukan Seperti Apa Puasa Kamu

Banyak orang yang menjauhkan diri dari berbagai hal ketika berpuasa, contohnya umat muslim ketika berpuasa tidak makan dan minum untuk jangka waktu yang telah ditentukan. Hal ini sebenarnya tergantung dari apa yang ingin kamu capai dengan berpuasa.

2. Lakukan Pekerjaan Rumahmu

Lebih baik kamu juga melakukan riset sederhana mengenai potensi risiko dan manfaat berpuasa. Ide utamanya tentu untuk melakukan hal yang baik bagi tubuh dan jiwa kamu, jadi penting bagi kamu untuk tahu baik dan buruk berpuasa.

3. Kemudahan Dalam Puasa Pertama

Ketika berpuasa pertama kali kamu pasti akan merasa cukup mudah. Tetapi ketika kamu menjalani puasa sambil mengurangi kalori seperti hanya makan buah, sayur dan minum air tentu rasanya akan jauh lebih dramatis.

 

4. Tentukan Kapan Kamu Akan Mulai


Tahu kapan kamu akan mulai sangat membantu karena kemungkinan kamu akan lebih fokus untuk menrencanakan berbagai kegiatan yang akan mengisi keseharianmu. Selain itu kamu juga bisa mengatur jadwal agar kegiatan puasa kamu tidak bertepatan dengan jamuan bisinis.

5. Banyak yang Bisa Kamu Lakukan


Ketika berpuasa kamu juga bisa untuk memanfaatkan waktu dengan berolahraga. Banyak olahraga yang tetap bisa kamu lakukan selama berpuasa loh, seperti  yoga dan berenang. Selain mengisi waktu luang kamu juga  bisa menyehatkan tubuh.

6. Bermeditasi

Selain berolahraga kamu juga bisa untuk memanfaatkan waktu kamu selama berpuasa untuk bermeditasi loh. Untuk bermeditasi juga yang kamu butuhkan hanya tempat yang tenang.

7. Berbuka Puasa

Ketika datang waktu berbuka puasa seringkali kita ingin berbuka puasa dengan porsi yang besar untuk memuaskan hasrat kita selama berpuasa. Tetapi ada baiknya kita berbuka puasa dengan makanan yang lebih mudah untuk dicerna seperti salad dan berbagai buah-buahan.

8. Makanlah dengan Perlahan

 

Selain berbuka puasa dengan makanan yang mudah dicerna, ada baiknya juga kamu memakan makanan pertama ketika berbuka puasa dengan perlahan. Selain membantu agar makanan lebih mudah dicerna, dengan makan perlahan juga kita membantu agar sistem pencernaan kita tidak kaget ketika menerima makanan.

MIND BODY GREEN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments