hero
(POPSUGAR)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

6 Mei 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Punya hubungan sosial dengan orang lain memang penting dan akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Namun, enggak jarang, usaha untuk berhubungan baik dengan semua orang membuat kamu justru jadi tertekan.

Tanpa disadari, kamu membiarkan dirimu lebih fokus dan peduli terhadap kebutuhan orang lain setiap saat, dibandingkan dengan kebutuhanmu sendiri. Nah, secara psikologis, inilah beberapa faktor yang membuat kamu menjadi mudah merasa tertekan, sedih, dan merasa kesepian seperti dilansir Brightside.

1Enggak bisa bilang enggak

Enggak bisa bilang enggak. (BRIGHTSIDE)

Kebiasaan menerima semua permintaan orang kepadamu hanya akan berujung pada penyiksaan diri sendiri. Cobalah untuk menempatkan kebutuhan dan kewajibanmu pada prioritas sebelum mencoba menempatkan milik orang lain. Ini tak berarti kamu egois, tetapi kamu bersikap bijak.

2Merasa butuh diterima

Merasa butuh diterima. (BRIGHTSIDE)

Kamu merasa apa pun yang kamu lakukan harus diterima oleh semua orang. Kamu melakukan segala sesuatu untuk mendapat pujian dan pengakuan orang lain. Padahal, enggak semua hal patut diperlakukan begitu. Dari pada mencari penerimaan orang lain, fokuslah pada target dan tujuan dirimu sendiri. 

3Bersikap enggak tegas

Bersikap enggak tegas. (BRIGHTSIDE)

Kamu enggan berargumen, berdebat, atau berjuang untuk hak dan kepentinganmu di hadapan orang lain. Menurutmu itu lebih baik daripada harus bermasalah. Pemikiran ini salah karena ada masa di mana kamu perlu mengekspresikan opini. Hal ini agar orang lain mengenali kepribadianmu.

4Menyalahkan diri sendiri

Menyalahkan diri sendiri. (BRIGHTSIDE)

Kamu sering merasa bersalah saat enggak mampu memenuhi permintaan atau ekspektasi orang lain. Rasa bersalah kerap membuatmu merasa sedih dan enggak puas.

Padahal, kamu enggak selalu bertanggung jawab untuk perasaan dan emosi orang lain lho. Sudah semestinya setiap orang  bertanggung jawab untuk pemikiran dan perasaannya sendiri.

5Enggak memasang batasan

Enggak memasang batasan. (BRIGHTSIDE)

Kamu selalu merasa harus melakukan semua hal bagi orang lain. Kamu rela berkorban demi menyelesaikan masalah orang lain. Ini membuat orang enggak mengenal batas dalam memperlakukanmu. Yang ada, kamu membuat dirimu sendiri terabaikan dan kepentingan hingga kewajibanmu justru jadi terbengkalai.

6Melakukan hal yang enggak disuka

Melakukan hal yang enggak disuka. (BRIGHTSIDE)

Kamu enggan menolak permintaan orang lain seperti orang tuamu, temanmu, atau kerabatmu. Ujung-ujungnya, kamu stuck melakukan hal yang kamu enggak kamu nikmati.

Padahal, seharusnya kamu menyediakan ruang pribadi untuk kamu berkreasi, berekspresi tanpa kewajiban memenuhi kemauan orang lain. Cuma kamu yang berhak menentukan apa yang mau kamu lakukan.

 

 

 

BRIGHTSIDE| FORBES

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments