hero
(MEGA ANSWERS)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

30 April 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kamu mungkin menyadari betapa luar biasanya madu sebagai bahan pemanis alami saat kamu mengurangi gula. Madu juga dapat membuat tekstur kue makin lembut sempurna.

Namun madu jauh lebih dari sekadar bahan makanan yang lezat, tetapi juga memiliki lusinan kegunaan lain. Karena karena sifat antibiotiknya yang bahkan dapat menyembuhkan. Enggak heran, di Mesir Kuno madu sangat sering digunakan sebagai obat. Berikut beberapa cara memanfaatkan madu yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1Madu sebagai scrub wajah dan masker

Madu sebagai scrub wajah dan masker. (BRIGHTSIDE)

Tahukah kamu bahwa madu dapat digunakan sebagai scrub pembersih atau masker pelembab untuk wajah? Enggak seperti kebanyakan scrub dan masker berbahan dasar kimia, madu merupakan bahan alami dan memiliki fungsi antibiotik. Madu dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, bakteri, dan kotoran pada kulit wajah.

2Madu sebagai antibiotik

Madu sebagai antibiotik. (BRIGHTSIDE)

Madu dapat dioleskan pada luka untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah penyebaran bakteri. Beberapa tes menunjukkan bahwa madu dapat mencegah penyebaran atau bahkan membunuh bakteri seperti E. coli dan Staphylococcus aureus. Saat kamu membeli madu, ingatlah bahwa semakin gelap warna madu, semakin kuat sifat antibakterinya.

3Madu sebagai asupan saat diet

Madu sebagai asupan saat diet. (BRIGHTSIDE)

Salah satu kegunaan madu yang benar-benar enggak terduga adalah kemampuannya mempercepat metabolisme tubuh. Tentu ini merupakan kabar baik bagi yang sedang diet.

Teh hijau juga mempercepat metabolisme tubuh. Jadi jika kamu meminumnya dengan madu, itu akan berfungsi sebagai dorongan ganda bagi tubuhmu.

4Madu sebagai pereda insomnia

Madu sebagai pereda insomnia. (BRIGHTSIDE)

Orang-orang yang menderita insomnia sebaiknya mengonsumsi madu sebelum tidur. Gula yang terkandung dalam madu merangsang produksi serotonin, neurotransmitter yang bertanggung jawab atas suasana hati yang baik. Yang kemudian akan diubah tubuh menjadi melatonin, zat kimia penting yang bertanggung jawab untuk membantumu tertidur.

5Madu membantu menyamarkan luka

Madu membantu menyamarkan luka. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu memiliki bekas jerawat yang tampak dan  ingin menyamarkannya, coba gosok campuran madu  dan kelapa atau minyak zaitun ke kulit. Tutupi area ini dengan kompres hangat dan biarkan menempel pada bekas luka selama 15 menit. Ini akan mencerahkan warna kemerahan bekas luka.

6Madu menghilangkan bau mulut

Madu menghilangkan bau mulut. (BRIGHTSIDE)

Sifat antibakteri madu ampuh dalam menghilangkan bau mulut. Siapkan obat kumur yang terbuat dari 1 sendok teh madu, 1/8 sendok teh kayu manis, dan setengah cangkir air hangat. Kamu akan mendapat aroma kayu manis yang menyenangkan pada nafasmu.

7Madu dapat menghilangkan ketombe

Madu dapat menghilangkan ketombe. (BRIGHTSIDE)

Madu sangat luar biasa dan terbukti membantu mengatasi masalah ketombe yang melelahkan. Kalau kamu memiliki ketombe atau kulit kepala kering, gosok campuran 90% madu dan 10% air hangat ke rambut. Bilas kepala 3 jam kemudian. Setelah itu kamu akan merasakan gatal berkurang hilang dalam seminggu.

 

BRIGHTSIDE| NCBI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments