hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

17 April 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Proses pencernaan dimulai dari hati. Apakah kamu pernah menyadarinya? Jangan sampai kamu enggak aware sama kesehatan hati. Nah ternyata, salah satu yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan hati adalah berolahraga. Berikut beberapa gerakan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan hati, dilansir dari Brightside.

1Regangkan kaki di atas kepala untuk menstimulasi hati

Regangkan kaki di atas kepala untuk menstimulasi hati. (BRIGHTSIDE)

Gerakan pemanasan ini menstimulasi kerja hati lebih baik lagi dengan membuat batang tubuh bekerja dan memfasilitasi sirkulasi. Selain itu, gerakan ini juga mempersiapkan hati kamu menangkap nutrisi dalam makanan yang akan kamu cerna sepanjang hari.

Posisi awal yang harus kamu lakukan cukup berbaring dan tempatkan lengan kamu sejajar dengan tubuh. Lalu, angkat kaki dan jaga agar kaki kamu tetap lurus. Setelah itu, angkat lagi kaki kamu ke atas kepala hingga jari kaki menyentuh lantai dibelakang bahu kamu. Tahan posisi ini untuk beberapa saat lalu perlahan kembalikan kaki ke posisi semula.

2Coba gerakan memutar batang tubuh untuk meningkatkan sirkulasi

Coba gerakan memutar batang tubuh untuk meningkatkan sirkulasi. (BRIGHTSIDE)

Memutar tubuh dengan cara yang benar akan membantu sirkulasi dan oksigenasi yang tepat ke hati. Selain itu, organ akan menerima dorongan energi dan akan mengarahkan setiap nutrisi yang kamu konsumsi ke tempat yang dibutuhkan tubuh kamu.

Untuk melakukan gerakan ini kamu cukup duduk di permukaan yang lembut namun tegap dengan kaki menyilang dan punggung yang lurus. Pegang lutut kiri dengan tangan kanan. Kemudian letakkan tangan kiri di belakang punggung sambil menghadap ke kanan. Pertahankan posisi ini selama 30 detik. Lalu putar dan lakukan gerakan yang sama ke sisi yang berlawanan. Ulangi 5 kali untuk masing-masing sisi.

3Gerakan memutar kaki dan tulang belakang untuk memberi oksigen pada hati

Gerakan memutar kaki dan tulang belakang untuk memberi oksigen pada hati. (BRIGHTSIDE)

Latihan ini akan sedikit menekan hati. Yang mana akan memberikan sebuah pijatan dan menyediakan oksigen untuk hati yang pastinya membuat kamu tetap sehat.

Duduk di permukaan yang nyaman dengan kokoh, enggak lupa kaki menyilang. Jaga posisi punggung kamu agar tetap lurus. Lalu angkat kaki kiri, bengkokan dan letakan di sebelah kaki kanan. Kamu akan merasakan sedikit tekanan pada hati.

 Setelah itu tempatkan tangan kanan kamu disebelah kaki kiri kamu, menghadap ke arah luar. Selanjutnya, tempatkan tangan kiri kamu di lantai di belakang punggung sambil menghadap ke belakang. Pertahankan posisi ini selama 30 detik. Kemudian berputar dan lakukan gerakan yang sama pada sisi yang berlawanan. Ulangi 5 kali untuk masing-masing sisi.

4Kontrasikan dan relaksasikan perut untuk menguatkan hati

Kontrasikan dan relaksasikan perut untuk menguatkan hati. (BRIGHTSIDE)

Ketika melatih tubuh bagian tengah, itu artinya kamu juga sedang melatih organ-organ kamu termasuk hati. Selain itu, latihan ini meningkatkan sirkulasi ke hati juga mengurangi stres.

Kamu cukup berbaring di permukaan nyaman, namun kokoh, selanjutnya bengkokan lutut kanan kamu dan letakan kaki kirimu di dalamnya. Selanjutnya, angkat tangan kamu dan lipat tangan kananmu, kemudian tempatkan telapak tanganmu di telinga.

Bawa tubuh ke depan, sedikit ke kanan sambil mengkontraksikan tubuh. Tahan posisi ini selama 2 detik.

Lalu pelan-pelan kembali ke posisi awal dan istirahatkan tubuh kamu selama 5 detik sambil menarik nafas dalam. Ulangi 20 kali untuk masing-masing sisi.

5Lakukan posisi antistres ini dan tekanan manual untuk memastikan kerja hati

Lakukan posisi antistres ini dan tekanan manual untuk memastikan kerja hati. (BRIGHTSIDE)

Posisi ini memungkinkan hati kamu untuk lebih rileks sambil menerima stimulasi manual dari pijatan. Gerakan ini seolah dapat memberikan kesempatan hati untuk beristirahat, sehingga dapat bekerja kembali.

Posisi awal untuk gerakan ini kamu cukup berbaring dengan sisi kanan kamu. Lalu kamu harus membengkokan lutut, kamu akan merasa otot perutmu terasa rileks. Tempatkan tangan kamu di sekitar hati, kemudian berikan sedikit tekanan dan pijatan selama 10 detik. Kembalikan tangan kamu ke posisi awal selama 10 detik. Ulangi 20 kali untuk masing-masing sisi.

6Lakukan gerakan memutar tangan ala Cina (Qigong) untuk merelaksasikan hati

Lakukan gerakan memutar tangan ala Cina (Qigong) untuk merelaksasikan hati. (BRIGHTSIDE)

Pengobatan tradisional di Cina, stres dipercaya disebabkan oleh ketidak seimbangan di dalam hati. Gerakan ini akan merelaksasikan ketegangan otot dan melawan berbagai lemak yang melekat pada hati. Yang pastinya membuat hati kamu bekerja lebih baik dan mengurangi stres.

Untuk melakukan gerakan ini kamu cukup pisahkan kaki kamu selebar bahu dan tekuk sedikit lutut kamu. Lengan harus sejajar dengan tubuh kamu. Angkat lengan kamu setinggi bahu dengan telapak tangan menghadap ke atas sehingga yang satu di depan tubuh kamu dan yang lain di belakang tubuh kamu.

Selanjutnya, angkat tangan kamu menghadap ke atas. Kembalikan lengan ke posisi sebelumnya dan kembalikan posisi lengan kamu. Pindahkan yang di depan ke belakang dan sebaliknya.  Ulangi sebanyak 50 kali.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments