hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

17 April 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Untuk menghindari tersiksa karena diet ketat, banyak ahli gizi yang menyarankan untuk mengonsumsi makananan sehat dan berolahraga. Karena itu, untuk mendukung program diet kliennya, para ahli nutrisi membuatkan meal plan, dengan mengutamakan kandungan nutrisi dalam bahan makanan. Selain gorengan, gula dan soda, ada banyak jenis makanan yang seharusnya dihindari saat diet. Seperti yang dilansir dari Bright Side, setidaknya ada 7 produk makanan yang sangat dihindari oleh para ahli nutrisi saat membuat meal plan diet.

 

1. Yogurt Manis

Yogurt manis mengandung gula. (BRIGHTSIDE)

Produk susu bergizi tidaklah manis. Ya, yogurt sangat baik untuk tubuh kita, tapi akan lebih baik untuk memakan yogurt tanpa gula atau aditif buah. Hindari produk susu yang mengandung pengental dan pati. Sebagai gantinya, tambahkan buah segar, rempah-rempah, dan ekstrak vanila ke dalam yogurt alami.

2. Nasi

Nasi juga harus dihindari selama diet. (BRIGHTSIDE)

Nasi tidak jauh berbeda dengan roti, tapi memiliki nutrisi yang paling tidak menguntungkan. Nasi mengandung karbohidrat sederhana dalam jumlah banyak, yang dapat menyebabkan bertambahnya berat badan. 

3. Saus

Saus sering dianggap remeh, padahal bisa banget merusak diet. (BRIGHTSIDE)

Saus yang dibuat masal oleh pabrik mengandung lebih banyak gula bila dibandingkan dengan saus buatan rumah. Hal tersebut juga berlaku untuk mayonais, tartar, mustard, dan beragam jenis saus yang lain. Bila ingin membuat saus sendiri, ahli gizi menganjurkan untuk menambahkan minyak zaitun, biji rami, atau menambahkan rempah-rempah.

4. Keripik Buah dan Sayur

Hindari aneka jenis keripik! (BRIGHTSIDE)

Meskipun terlihat sehat, keripik buah mengalami proses yang sama seperti keripik kentang. Buah-buah tersebut digoreng dalam minyak panas dan diberi bahan kimia tambahan. Sayangnya proses tersebut dapat mengurangi kandungan gizi, membuat buah dan sayuran tersebut tidak sesehat sebelumnya.

5. Anggur

Hati-hati mengonsumsi anggur. (BRIGHTSIDE)

Ini mungkin terdengar aneh, tapi anggur tidak sesehat yang kita kira. Rasa manis pada buah anggur dihasilkan oleh begitu banyak gula. Jika ingin memakan anggur, sebaiknya kombinasikan dengan makanan lain yang memiliki sedikit kandungan gula.

6. Ikan yang dimasak dengan cara salah

Jangan salag mengolah ikan ya. (BRIGHTSIDE)

Sebenarnya ikan mengandung begitu banyak nutrisi. Namun memasak ikan dengan cara yang salah dapat membuat ikan sangat berbahaya bagi tubuh. Ahli jantung Amerika mengatakan sebaiknya jangan mengonsumsi ikan yang digoreng, diasap, dan ikan asin.

7. Kue Beras

Kue beras rendah lemak, namun memiliki indek glikemik tinggi. (BRIGHTSIDE)

Beberapa tahun lalu banyak majalah populer yang merekomendasikan kue beras untuk diet, karena kue beras hampir tidak mengandung lemak sama sekali. Sayangnya kue beras memiliki indeks glikemik yang tinggi, jadi kalian akan merasa lapar tidak lama setelah kalian memakan kue beras. Hasilnya kalian akan memakan lebih banyak kalori yang dapat menambah berat badan.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments